TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Funding Pada Produk iB Hasanah Dengan Akad Mudharabah Di BNI Syariah Cabang Pekalongan
Kata Kunci : produk iB Hasanah, Tabungan mudharabah
Kegiatan bank konvensional maupun bank syariah yakni Funding (perhimpunan dana) dan Financing (menyalurkan dana). Pada kegiatan funding (menghimpun dana) produk-produk yang ditawarkan ada beberapa macam yaitu produk tabungan, giro dan deposito. Salah satu kegiatan funding (perhimpunan dana) pada bank syariah pada produk tabungan adalah dengan menggunakan akad mudharabah. Setiap bank syariah memiliki strategi-srategi dalam memasarkan produk funding agar lebih dikenal dengan masyarakat luas. Dengan adanya strategi pemasaran pada produk-produk yang dijual oleh bank syariah maka masyarakat akan lebih mengenal produk yang dijual oleh bank syariah dan membeli produk tersebut. Pada BNI Syariah Cabang Pekalongan memiliki salah satu produk tabungan iB Hasanah dengan akad mudharabah. BNI Syariah Cabang Pekalongan memiliki strategi dalam menjual produk tabungan iB Hasanah dengan akad mudharabah, dengan adanya strategi pemasaran dan pengembangan produk tabungan maka masyarakat lebih mengenal produk tabungan iB Hasanah dengan akad mudharabah dan masyarakat tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan oleh BNI Syariah Cabang Pekalongan.
Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana strategi funding pada produk iB Hasanah dengan akad mudharabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan pada produk iB Hasanah di BNI Syariah Cabang Pekalongan dengan akad mudharabah.
Jenis penelitian dalam Tugas Akhir ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari lapangan melalui wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung dari subjek penelitian namun didapat dari data dokumentasi, laporan-laporan atau arsip-arsip resmi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi funding pada produk iB Hasanah dengan akad mudharabah di BNI Syariah Cabang Pekalongan adalah strategi pemasaran dan strategi pengembangan produk khususnya pada produk iB Hasanah dengan akad mudharabah. Salah satu strategi pemasaran adalah dengan menyusun nasabah yang akan diprospek baik di bidang pendidikan, kesehatan, pemerintahan dan perusahaan. Mendatangi komunitas-komunitas yang ada di daerah pekalongan dan sekitarnya untuk menawarkan produk iB Hasanah dan memberikan pengarahan tujuan dan manfaat pada produk iB Hasanah dengan akad mudharabah. mengadakan meja promosi atau opentable di tempat yang strategis seperti kampus, sekolah, kantor pemerintahan, pasar dan mall
16TA1612007.00 | TA D-3PBS 16.007 HID s | My Library (Lantai 3, Tugas Akhir) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain