TA PERBANKAN SYARIAH
Preferensi Nasabah Terhadap Produk Simpanan Idul Fitri (Sifitri) Di KJKS BMT An-Najah Wiradesa Pekalongan
Kata kunci : Preferensi nasabah, Simpanan Idul Fitri, BMT An-Najah
Wiradesa Pekalongan.
Preferensi Nasabah Terhadap Produk Simpanan Idul Fitri (sifitri) di KJKS
BMT An-Najah Wiradesa Pekalongan adalah simpanan dengan akad wadiah
yadhomanah yaitu penitipan barang atau uang, pihak yang di titipi boleh
memanfaatkan barang titipan tersebut. Dalam hal pemanfaatan barang titipan
penerima titipan dapat saja memperoleh manfaat atau hasil, namun pihak yang
menitipkan tidak boleh meminta hasil atau manfaat tersebut. Dalam aplikasinya
BMT An-Najah Wiradesa Pekalongan memberikan bonus kepada nasabah pada
akhir periode.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana preferensi
nasabah terhadap produk sifitri di JKJS BMT An-Najah Wiradesa Pekalongan dan
faktor apa saja yang mempengaruhi preferensi nasabah terhadap produk sifitri di
KJKS BMT An-Najah Wiradesa Pekalongan dan tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengetahui preferensi nasabah terhadap produk sifitri di KJKS BMT An-
Najah Wiradesa Pekalongan, dan faktor apa saja yang mempengaruhi nasabah
dalam memilih produk sifitri di KJKS BMT An-Najah Wiradesa Pekalongan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sampel
yang digunakan adalah 30 responden/nasabah sifitri. Sumber data yang digunakan
adalah sumber data primer berupa interview, dan data sekunder berupa penelitian
terdahulu yang dilakukan di KJKS BMT An-Najah Wiradesa Pekalongan, serta
sumber-sumber lain yang terkait. Teknik pengumpulan data dengan metode
observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis diperoleh kesimpulan
bahwa pilihan nasabah produk sifitri yaitu persiapan dana pada saat lebaran,
karyawan memberikan pelayanan jemput bola, cepat, serta bersikap ramah. Tidak
ada dan tidak menerima tawaran tabungan dari lembaga keuangan lain. Secara
keseluruhan faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah terhadap
produk sifitri di KJKS BMT An-Najah Wiradesa Pekalongan yaitu faktor produk,
faktor promosi, faktor pelayanan, faktor referensi, faktor kemudahan, dan faktor
keyakinan sebagai pilihan nasabah.
16TA1612001.00 | TA D-3PBS 16.001 RAK p | My Library (Lantai 3, Tugas Akhir) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain