SKRIPSI PAI
Pembinaan Sikap Keagamaan Peserta Didik SMK Al-Sya'iriyah Limpung Kabupaten Batang
vii
ABSTRAK
Atinasikhah, Desi. 2015. Pembinaan Sikap Keagamaan Peserta Didik SMK Al-Sya’iriyah Limpung Kabupaten Batang. Skripsi Jurusan Tarbiyah PAI STAIN Pekalongan. Drs. H. Akhmad Zaeni, M.Ag. Kata Kunci: Pembinaan Sikap Keagamaan.
Manusia adalah makhluk beragama. Namun keberagamaan tersebut memerlukan bimbingan agar dapat tumbuh dan berkembang secara benar, untuk itu anak-anak memerlukan tuntunan dan bimbingan, sejalan dengan tahap perkembangan yang mereka alami, tokoh yang paling menentukan dalam menumbuhkan rasa keberagamaan itu adalah kedua orang tuanya, selain itu seorang guru juga ikut berperan dalam membina sikap keagamaan tersebut. Mendidik dan melatih anak didik adalah tugas guru sebagai suatu profesi. Salah satu masalah pendidikan Islam adalah adanya kekurangan jam pelajaran untuk pengajaran agama Islam yang disediakan di sekolah-sekolah umum, seperti sekolah menengah umum/kejuruan. Sebagai akibat dari kekurangan ini, para pelajar tidak memiliki bekal yang memadai untuk membentengi dirinya dari berbagai pengaruh negatif akibat globalisasi yang menerpa kehidupan. Untuk itu diperlukan sekolah yang menekankan dalam hal pembinaan sikap keagamaan peserta didiknya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pembinaan sikap keagamaan Peserta Didik SMK Al-Sya’iriyah Limpung Kabupaten Batang, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan sikap keagamaan Peserta Didik SMK Al-Sya’iriyah Limpung Kabupaten Batang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pembinaan sikap keagamaan Peserta Didik SMK Al-Sya’iriyah Limpung Kabupaten Batang, untuk mengeksplorasi faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan sikap keagamaan Peserta Didik SMK Al-Sya’iriyah Limpung Kabupaten Batang. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini secara teoretis penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif mengetahui pelaksanaan pembinaan sikap keagamaan di lingkungan sekolah, sebagai tambahan pengetahuan tentang keagamaan dan pengetahuan lainnya. Dan secara praktis memberi informasi kepada pembaca tentang pentingnya pembinaan sikap keagamaan di lingkungan sekolah, sebagai sumbangan informasi bagi pengelola dan dewan guru SMK Al-syairiyah Limpung kabupaten Batang dalam membina sikap keagamaan peserta didik, dapat dijadikan pedoman dasar serta landasan awal untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan pelaksanaan pembinaan sikap keagamaan di lingkungan sekolah.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan (field research). Kemudian dalam teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang sudah terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara utuh dan mendalam tentang realitas sosial dan berbagai fenomena yang
viii
terjadi di masyarakat yang menjadi subjek penelitian sehingga tergambarkan ciri, karakter, sifat, dan model dari fenomena tersebut.
Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa pembinaan sikap keagamaan Peserta Didik SMK Al-Sya’iriyah Limpung Kabupaten Batang dilakukan dengan beberapa cara, yakni pembiasaan, peneladanan, ceramah, praktek, pengawasan serta pengamatan dan pesantren. Dari penelitian yang dilakukan, juga ditemukan faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan pembinaan sikap keagamaan. Secara keseluruhan, pembinaan sikap keagamaan Peserta Didik SMK Al-Sya’iriyah Limpung Kabupaten Batang dapat disimpulkan sudah berjalan baik, karena semua civitas akademika dan peserta didik sudah menjalankan sesuai dengan teori. Yaitu dengan menerapkan unsur kognisi, afeksi dan konasi dalam proses pembinaan sikap keagamaan peserta didik SMK Al-Sya’iriyah Limpung Kabupaten Batang. Pemberian pembelajaran tentang keagamaan secara formal maupun non formal merupakan unsur dari kognisi. Pemberian pembelajaran yang menarik, peneladanan, pengawasan, dan pengamatan merupakan unsur dari afeksi. Sedangkan praktek dan juga pembiasaan merupakan unsur konasi.
16SK1621030.00 | SK PAI 16.030 ATI p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain