SKRIPSI PAI
Peran Guru Dalam Membentuk Kepercayaan Diri Peserta Didik Tunagrahita A-C SMPLB Kauman Batang
vii
ABSTRAK
Noviani, Restu. 2021111091. 2015. Peran Guru Dalam Membentuk Kepercayaan Diri Peserta Didik Tunagrahita-C SMPLB Kauman Batang. Skripsi Tarbiyah PAI STAIN Pekalongan. Dr Esti Zaduqisti, M.Si
Kata Kunci : Peran Guru dan Kepercayaan Diri Peserta Didik Tunagrahita-C
Tunagrahita adalah anak yang secara nyata mengalami hambatan dan keterbelakangan perkembangan mental intelektual jauh di bawah rata-rata, sehingga mengalami kesulitan dalam tugas-tugas akademik, komunikasi maupun sosial, dan karenanya memerlukan layanan pendidikan khusus. Anak Tunagrahita kurang percaya diri, karena mereka mengalami keterbelakangan mental, seperti yang diketahui anak-anak yang memiliki rasa percaya diri merupakan pribadi yang bisa dan mau belajar, serta berperilaku positif dalam berhubungan dengan orang lain, bahkan orang dewasa sekalipun, sedangkan anak tunagrahita itu adalah anak yang secara nyata mengalami hambatan dan keterbelakangan perkembangan mental dan karenanya memerlukan layanan pendidikan khusus.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu peran guru dalam membentuk kepercayaan diri peserta didik Tunagrahita-C SMPLB Kauman Batang, faktor pendukung dan penghambat guru dalam membentuk kepercayaan diri peserta didik Tunagrahita-C SMPLB Kauman Batang. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk kepercayaan diri peserta didik Tunagrahita-C SMPLB Kauman Batang, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam membentuk kepercayaan diri peserta didik Tunagrahita-C SMPLB Kauman Batang. Kegunaan penelitian ada dua, kegunaan teoritis yaitu penelitian diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam menambah wawasan dan juga memberikan referensi baru bagi pengembangan pengetahuan dalam membentuk kepercayaan diri peserta didik Tunagrahita-C SMPLB Kauman Batang, dan kegunaan praktis yaitu penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar untuk membuat kebijakan bagi kepala sekolah dan guru dalam membentuk kepercayaan diri peserta didik Tunagrahita-C SMPLB Kauman Batang.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik obervasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan model data deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, bahwa peran guru cukup bagus, dan guru menunjukkan peran guru sebagai motivator, fasilitator, agen perkembangan, model, penyedia lingkungan, manajer dan pembimbing. Kepercayaan diri yang terbentuk atas peran guru tersebut, antara lain : berani maju di depan kelas, berani betanya, berani bersosialisasi dengan masyarakat umum, berani mengikuti event-event dari dinas, berani mengikuti lomba-lomba, berani berkomunikasi dengan orang baru. Kedua, faktor pendukung adalah selalu mengikutsertakan peserta didik Tunagrahita-C pada event-event dari dinas seperti pameran buku, solat berjamaah bersama, dengan tujuan membentuk kepercayaan
vii
diri, dan faktor penghambat adalah anak Tunagrahita-C sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat, kurangnya tenaga pendidik, kurangnya alat, sarana dan prasarana, kurangnya dana.
16SK1621029.00 | SK PAI 16.029 NOV p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain