SKRIPSI PAI
Integrasi Materi Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Beyond Centers And Circles Time (BCCT) Di Kelompok Bermain Masyithoh Kuripan Kidul Kota Pekalongan
vii
ABSTRAK
Nisak, khoirun. 2015. Integrasi Materi Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Beyond Centers and Circles Time di Kelompok Bermain Masyithoh Kuripan Kidul Kota Pekalongan. Pekalongan: STAIN Pekalongan. Drs. MohMuslih, M.Pd.Ph.D.
Kata Kunci: Integrasi Materi Pendidikan Agama Islam
Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar arah pertumbuhan, perkembangan dan kecerdasan. Pengembangan nilai-nilai keagamaan kepada anak usia dini diharapkan mampu mewarnai pertumbuhan dan perkembangan dari diri mereka sehingga diharapkan akan muncul suatu dampak positif yang berkembang meliputifisik, akal pikiran, akhlak, perasaan, kejiwaan, estetika dan kemampuan sosialisasinya yang diwarnai dengan nilai-nilai keagamaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan pendekatan Beyond Centers and Circles Time (BCCT) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelompok Bermain Masyithoh Kuripan Kidul Kota Pekalongan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menyempurnakan penerapan pendekatanBeyond Centers and Circles Time (BCCT) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelompok Bermain, juga sebagai bekal awal tentang nilai-nilai keagamaan bagi anak dalam menjalankan pendidikan pada jenjang selanjutnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang Kelompok Bermain Masyithoh Kuripan Kidul Kota Pekalongan. Pengumpulan data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disimpulkan.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Pendekatan Beyond Centers and Circles Time (BCCT) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelompok Bermain dilaksanakan pada saat materi pagi dan di sentra iman dan taqwa. Sementara penanaman nilai-nilai keagamaan dilaksanakan setiap hari di semua sentra dan semua kegiatan.2). Faktor pendukung pendekatan Beyond Centers and Circles Time (BCCT) adalah guru yang telah mengikuti pelatihan pendekatan Beyond Centers and Circles Time (BCCT) dan Alat Peraga Edukatif (APE) yang memadai. Hasil pembelajaran tentang penerapan Pendidikan Agama Islam sudah menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini terlihat dari banyaknya indikator-indikator pembelajaran yang sudah tercapai.
16SK1621025 | SK PAI 16.025 NIS i | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain