SKRIPSI PAI
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Proyektor Dalam Pembelajaran PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SDN Wonobodro 01 Kabupaten Batang
vii
ABSTRAK
Diyanto, 2014 “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Proyektor Dalam Pembelajaran PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN Wonobodro 01 Kabupaten Batang” Skripsi Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan. Pembimbing : Drs. H. Fachrullah, M. Hum.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Audio Visual Proyektor, Motivasi Belajar.
Proses pembelajaran merupakan suatu rangkaian kegiatan yang mempunyai tujuan, yakni diperolehnya hasil belajar pada diri siswa. Hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya faktor yang berasal dari luar individu siswa yaitu penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat menumbuhkan minat untuk mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, guru dapat memilih media yang tepat yaitu diantaranya media pembelajaran audio visual.
Rumusan masalah pada skripsi ini yaitu: Bagaimana penngunaan media pembelajaran proyektor dalam pembelajaran PAI di SDN Wonobodro 01?, Bagaimanakah motivasi belajar PAI siswa di SDN Wonobodro 01?, Bagaimanakah pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual proyektor terhadap motivasi belajar PAI siswa di SDN Wonobodro 01? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran audio visual proyektor di SDN Wonobodro 01, untuk mengetahui motivasi belajar PAI siswa di SDN Wonobodro 01, untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual proyektor terhadap motivasi belajar PAI siswa di SDN Wonobodro 01.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan merupakan field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, interview, angket, dokumentasi, wawancara. Metode analisis datanya menggunakan rumus korelasi product moment.
Dari hasil penelitian yang telah disajikan, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang cukup yaitu dihasilkan besarnya nilai rxy = 0,59 yang besarnya berkisar antara 0,400 - 0,700 antara penggunaan media pembelajaran audio visual proyektor terhadap motivasi belajar PAI siswa di SDN Wonobodro 01, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima.
16SK1621022 | SK PAI 16.022 DIY p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain