SKRIPSI PAI
PelaksanaanPendidikan Agama Islam Kejar Paket C di PKBM Baiturrahman Desa Api-api Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan
ABSTRAK
Ernawati, Susi. 2015.Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Kejar Paket C di PKBM Baiturrahman Desa Api-Api Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Skripsi Jurusan/program studi: Tarbiyah/ Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing Dr. Slamet Untung M.Ag.
Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Kejar Paket C.
Pendidikan Islam merupakan kebutuhan manusia, sebagai makhluk paedagogis manusia dilahirkan dengan membawa potensi dapat dididik dan mendidik sehingga mampu menjadi khalifah di bumi serta pendukung dan pemegang kebudayaan. Pendidikan harus dilakukan para lembaga-lembaga penyelenggara pendidikan baik formal maupun nonformal. Salah satu lembaga yang menyelenggarakan program pendidikan nonformal adalah PKBM Baiturrahman Desa Api-Api Kec. Wonokerto Kab. Pekalongan dengan melaksanakan program Pendidikan Agama Islam Kejar Paket C.
Rumusan masalah penelitian bagaimana tujuan, materi, metode, alokasi waktu dan evaluasi dan faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Kejar Paket C di PKBM Baiturrahman Desa Api-Api Kec. Wonokerto Kab. pekalongan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tujuan, materi, metode, alokasi waktu dan evaluasi serta untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Kejar Paket C di PKBM Baiturrahman Desa Api-Api Kec. Wonokerto Kab. Pekalongan. Kegunaan penelitian sebagai bahan wacana untuk memperkaya bacaan dan dapat mendorong pengembangan terhadap pendidikan luar sekolah dan sebagai sumbangan kepada PKBM, Dinas setempat yang diharapkan dapat bermanfaat sebagai pengembangan yang kontruktif dalam pendidikan luar sekolah.
Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan field research. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sekunder, sumber data primer kepala PKBM, tutor PKBM dan warga belajar PKBM, sumber data sekunder bagian administrasi PKBM serta buku-buku sebagai sumber ilmiah yang berkaitan dengan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yaitu analisis data yang menggunakan teknik reduksi data, display data dan kesimpulan data yang ada dilapangan.
Hasil penelitian menunjukkan: tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran kurang tercapai dibuktikan dengan terbatasnya waktu pembelajaran dan kondisi warga belajar, alokasi waktu kurang efektif dan efisien terlihat dari keterlambatan warga belajar ketika pelaksanaan pembelajaran, sedangkan metode dan evaluasi pembelajaran tidak jauh berbeda dengan Pendidikan Agama Islam pada sekolah formal. Faktor yang mendukung dalam pembelajaran adalah tersedianya tutor yang berpengalaman sedangkan faktor penghambatnya adalah dari segi waktu, kondisi alam dan warga belajar yang terkadang kurang mendukung dalam proses pembelajaran.
16SK1621021 | SK PAI 16.021 ERN p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain