SKRIPSI PAI
Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015
ABSTRAK
Inayah. 2015. Pengaruh Kewibawaan Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Tarbiyah/Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing Aris Nur Khamidi, M.Ag.
Kata Kunci: Kewibawaan Guru dan Motivasi Belajar Siswa.
Kewibawaan guru merupakan salah satu faktor kegiatan belajar para siswa. Sebab dengan kewibawaan yang ditunjukkan oleh guru, para siswa akan mengikuti pelajaran dengan penuh perhatian dan kesungguhan dan menerima materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dengan seksama. Sehingga para siswa akan termotivasi untuk belajar dengan optimal untuk memperoleh hasil belajar sesuai dengan target-target yang menjadi tujuan dalam kegiatan pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kewibawaan guru di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana motivasi belajar siswa di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015? dan (3) Bagaimana pengaruh kewibawaan guru terhadap motivasi belajar siswa di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015?. Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui: (1) Kewibawaan guru di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan, (2) Motivasi belajar siswa di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015, dan (3) Pengaruh kewibawaan guru terhadap motivasi belajar siswa di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dimana penelitian dilaksanakan pada kancah kehidupan yang sebenarnya. Pendekatannya dengan kuantitatif yaitu analisisnya pada bentuk angka atau bilangan. Metode yang digunakan dengan metode observasi berupa pengamatan, metode angket berupa pertanyaan tersruktur, metode interview berupa wawancara dan metode dokumentasi berupa data lapangan. Analisis data dengan menggunakan bersifat kuantitatif dengan statistika dengan rumus regresi linier sederhana yang selanjutnya mengkonsultasikan nilai ttes baik pada taraf signifikan 5 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kewibawaan guru terhadap motivasi belajar siswa di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan dengan perhitungan ttes = 2,642. pada taraf signifikan 5% ttabel = 2,042 berarti ttes > ttabel (2,642 > 2,042). Adapun pada taraf signifikan 1% nilai ttabel = 2,750 ttes < ttabel (2,642 < 2,750). Jadi dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikan 5 % kewibawaan guru mempunyai pengaruh positif yang siginifikan terhadap motivasi belajar siswa di MI YMI Wonopringgo 04 maka Ho ditolak dan Ha diterima, tetapi pada taraf siginifikan 1 % kewibawaan guru tidak mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa di MI YMI Wonopringgo 04 maka Ha ditolak dan Ho diterima.
16SK1621020 | SK PAI 16.020 INA p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain