SKRIPSI PAI
Pembiasaan Beribadah Sholat Berjamaah Dalam Membina Perilaku Keagamaan Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekalongan
ABSTRAK
Isnia, Nur Hayati. 2015. Pembiasaan Beribadah Sholat Berjama’ah dalam membina Perilaku Keagamaan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekalongan. Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/S1 PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dr. Sopiah, M. Ag.
Kata kunci: Pembiasaan Beribadah Sholat Berjama’ah, Perilaku Keagamaan.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keprihatinan penulis tentang perilaku keagamaan anak remaja yang merasa peka akan agama, banyak dari mereka bimbang mengenai ajaran agama islam, sehingga membutuhkan bantuan dari luar yang bisa mengarahkan ke kepercayaannya kepada Allah SWT dilingkungan sekolah khususnya di MAN 1 Pekalongan, melalui pembiasaan beribadah sholat berjama’ah yang dilaksanakan dilingkungan sekolah ini diharapkan perilaku kegamaan anak menjadi lebih terbina kearah posistif, karena siswa diajak tampil bukan sekedar riya atas amal ibadah yang mereka kerjakan secara sadar, melainkan ibadah tersebut semata-mata hanya untuk mencari Ridlo-Nya, supaya dihatinya tertanam perilaku keagamaan yang kokoh, tetap istiqomah dalam menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar. Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekalongan adalah Sekolah Tingkat Menengah Atas yang berbasis Islami, di sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekalongan menginginkan siswanya memiliki perilaku keagamaan baik, melalui pembiasaan ibadah sholat berjama’ah, siswa diharuskan untuk melakukan rutinitas sholat berjama’ah ditempat ibadah sekitar gedung Sekolah, akan tetapi pelaksanaan ibadah sholat berjama’ah disesuaikan dengan jam istirahat yang telah diatur oleh pihak sekolah, agar pelaksanaan pembiasaan sholat berjama’ah siswa tidak mengganggu jam pelajaran yang sedang berlangsung. Pembiasaan ibadah sholat berjama’ah yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekalongan membiasakan sejak dini seluruh siswanya (khususnya siswa laki-laki) untuk menunaikan ibadah sholat berjama’ah dalam membina perilaku keagamaan dan dapat dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT sesuai dengan visi misi sekolahan Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekalongan yaitu mencetak insan yang berakhlakul karimah.
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah yang diajukan adalah Bagaimana Pembiasaan Beribadah Sholat Berjama’ah dalam membina Perilaku keagamaan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekalongan, Apa saja faktor pendukung dan penghambat Pembiasaan Beribadah Sholat Berjama’ah dalam membina Perilaku keagamaan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekalongan. Dan kegunaan penelitian ini mencakup dua kegunaan yaitu pertama, kegunaan teoritis antara lain: untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan menambah wawasan Pendidikan Agama Islam, serta untuk menambah pengetahuan tentang pembiasaan ibadah sholat berjama’ah dalam membina perilaku keagamaan yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekalongan. Kedua, kegunaan Praktis sebagai bahan masukan dan pengetahuan bagi pendidik dalam membina akhlaq mahmudah siswa, serta dapat meningkatkan Ibadah
viii
kepada Allah Ta’ala dan Perilaku keagamaan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekalongan.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dan pendekatannya menggunakan pendekatan penelitian kualitatif Guna mengumpulkan berbagai data ataupun informasi yang berkenaan dengan Pembiasaan Beribadah Sholat Berjama’ah dalam membina Perilaku keagamaan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekalongan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu dengan cara Milles and Huberman yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pembiasaan Beribadah Sholat Berjama’ah dalam membina Perilaku keagamaan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekalongan berjalan dengan baik, karena sudah ada kesadaran antar satu siswa dengan yang lainnya serta kepedulian pihak sekolah dalam membina perilaku siswanya agar sesuai yang diinginkan sekolah mencetak anak yang berakhlakul karimah. Pembiasaan sholat dluhur berjama’ah yang dilaksanakan di MAN 1 Pekalongan juga mendapat respon yang positif dari semua siswanya, bukan hanya itu, dari siswa juga ikut mengajak siswa yang lainnya untuk menjalankan sholat berjama’ah di area sekolah melalui adzan yang dikumandangkan dari salah satu siswa disetiap harinya, pelaksanaanya sholat dluhur berjama’ah ini dilakukan secara bergantian sekitar jam 12.00-12.15 WIB bagi kelompok 1, dan jam 12.15-12.30 WIB bagi kelompok selanjutnya untuk hari senin-rabu, dan setiap hari kamis dan sabtu dilaksanakan di Masjid An-Nur yang letaknya masih berdekatan dengan lokasi sekolah. Serta Faktor Pendukung Pembiasaan Beribadah Sholat Berjama’ah dalam membina Perilaku keagamaan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekalongan yaitu adanya dukungan kepala sekolah, dukungan Pembina Keagamaan dan segenap pihak sekolah, dukungan dari pihak keluarga serta dukungan dari semangat dan kesadaran pribadi anak dalam menjalankan kewajiban. Sedangkan faktor penghambat Pembiasaan Beribadah Sholat Berjama’ah dalam membina Perilaku keagamaan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekalongan yaitu adanya faktor kemalasan, faktor keterbatasan ruang musholla dan pasokan air, serta faktor teman sepergaulan.
16SK1621019 | SK PAI 16.019 ISN p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain