SKRIPSI PAI
Hubungan Antara Keteladanan Guru PAI Dengan Moral Siswa SMP 2 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
ABSTRAK
Dwiningsih, Titik. 2015. Hubungan Keteladanan Guru PAI Terhadap Moral Siswa SMP 2 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Prodi S1 PAI. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Dra. Hj. Musfirotun Yusuf, M. M.
Kata Kunci: Keteladanan Guru, Moral Siswa.
Moral merupakan suatu kebutuhan penting bagi semua orang, terutama bagi remaja sebagai pedoman menemukan identitas dirinya, mengembangkan hubungan personal yang harmonis dan menghindari konflik-konflik peran yang selalu terjadi pada masa transisi. Figur dan teladan sangat penting dalam pendidikan dan pengembangan pribadi peserta didik. Guru pendidikan agama Islam adalah seseorang yang mengajar dan mendidik agama Islam dengan membimbing, menuntun, memberi tauladan dan membantu mengantarkan anak didiknya ke arah kedewasaan jasmani dan rohani.
Dalam penelitian ini, penulis mengajukan tiga permasalahan antara lain Bagaimana keteladanan yang diberikan oleh guru PAI di SMP 2 Wonopringgo? Bagaimana kondisi moral siswa kelas VIII SMP 2 Wonopringgo? Adakah hubungan antara keteladanan guru PAI terhadap kondisi moral siswa kelas VIII SMP 2 Wonopringgo?. Kegunaan penelitian ini adalah diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran bagi semua tentang keteladanan dalam menanamkan moral peserta didik, menambah khazanah keilmuan dan wawasan bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya, dan sebagai bahan perbandingan bagi mahasiswa dalam meneliti masalah yang sama namun pada lokasi yang berbeda.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapaun variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu ketaladanan guru dan variabel terikat yaitu moral siswa. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VIII SMP 2 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan berjumlah 59 siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara keteladanan guru PAI dengan moral siswa adalah teknik analisis Product Moment.
Hasil penelitian dibuktikan pada interpretasi secara cermat, Keteladanan yang diberikan oleh guru PAI di SMP 2 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan berdasarkan analisa hasil angket mempunyai nilai rata-rata 49. Nilai tersebut pada tabel kategori keteladanan guru PAI menempati interval nilai 59 – 52 yang termasuk dalam kategori sedang. Sedang pada moral siswa SMP 2 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan berdasarkan analisa data hasil angket mempunyai nilai rata-rata 49. Nilai tersebut pada tabel kategori moral siswa menempati interval nilai 46 – 50 yang termasuk dalam kategori sedang. hasil penelitian keteladanan guru PAI mempunyai hubungan dengan moral siswa SMP 2 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya korelasi positif yang signifikan antara keteladanan guru PAI (variabel X) dengan moral siswa
xii
(variabel Y) karena nilai rxy sebesar 0,346 terletak pada interval 0,20 – 0,399 yang berarti antara variabel X dan Y terdapat korelasi namun rendah. Selain itu nilai rxy ≥ rtabel pada tingkat signifikan 5% rtabel = 0,207, berarti rxy ≥ rtabel yaitu 0,346 ≥ 0,207 sedangkan pada tingkat signifikan 1% rtabel = 0,270, berarti rxy ≥ rtabel yaitu 0,346 ≥ 0,270. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan bahwa terdapat hubungan antara keteladanan guru PAI dengan moral siswa SMP 2 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan diterima.
16SK1621018 | SK PAI 16.018 DWI h | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain