SKRIPSI PAI
Metode Pembentukan Kepribadian Muslim Melalui Kegiatan Kepramukaan Di SMK Ma'arif NU Tirto Kabupaten Pekalongan
ABSTRAK
Yulia Rizqi Mar’ati. 2015. Metode Pembentukan Kepribadian Muslim
Melalui Kegiatan Kepramukaan di SMK Ma’arif NU Tirto Kabupaten
Pekalongan. Skripsi Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing Abdul Khobir,
M. Ag. Kata Kunci: Kepribadian Muslim, Kegiatan Kepramukaan.
Pendidikan formal di sekolah tidaklah cukup untuk mendidik karakter
peserta didik. Pendidikan formal kebanyakan hanya mendidik aspek kognitif dari
peserta didik. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan ekstrakurikuler yang dapat
membentuk karakter atau kepribadian peserta didik. Salah satu kegiatan
ekstrakurikuler tersebut adalah dengan kegiatan kepramukaan. Dalam kegiatan
kepramukaan membentuk setiap anggota pramuka agar memiliki kepribadian
yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin
serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa. Melalui kegiatan kepramukaan
diharapkan dapat membentuk karakter atau kepribadian kepada peserta didik
menuju kearah yang lebih positif. Pembentukan kepribadian muslim di kegiatan
kepramukaan tidak terlepas dengan metode sehingga bisa membentuk kepribadian
muslim peserta didik khususnya yang mengikuti kegiatan kepramukaan di SMK
Ma’arif NU Tirto Kabupaten Pekalongan. Metode tersebut adalah cara untuk
membentuk kepribadian melalui kegiatan kepramukaan yang ada di SMK Ma’arif
NU Tirto Kabupaten Pekalongan.
Dari uraian tersebut dirumuskan permasalahan yaitu (1) Bagaimana
kepribadian muslim siswa anggota pramuka di SMK Ma’arif NU Tirto Kabupaten
Pekalongan?, (2) program kegiatan kepramukaan apa saja yang dapat membentuk
kepribadian muslim siswa di SMK Ma’arif NU Tirto Kabupaten Pekalongan?, (3)
Bagaimanakah metode pembentukan kepribadian muslim siswa melalui kegiatan
kepramukaan di SMK Ma’arif NU Tirto Kabupaten Pekalongan. Tujuan dalam
penelitian adalah (1) Untuk mengetahui kepribadian muslim siswa anggota
pramuka di SMK Ma’arif NU Tirto Kabupaten Pekalongan, (2) Untuk mengetahui
program-program kegiatan kepramukaan yang dapat membentuk kepribadian
muslim siswa di SMK Ma’arif NU Tirto Kabupaten Pekalongan, (3) Untuk
mengetahui metode pembentukan kepribadian muslim siswa melalui kegiatan
kepramukaan di SMK Ma’arif NU Tirto Kabupaten Pekalongan. Dari hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberikan kegunaan sebagai berikut: Secara
teoritis penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang pembentukan
kepribadian muslim melalui kegiatan kepramukaan. Secara praktis hasil penelitian
ini dapat menjadi panduan bagi pelaksanaan kegiatan kepramukaan di sekolah
sehingga tujuan dari kegiatan kepramukaan dapat tercapai secara maksimal. Bagi
instansi sekolah, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan
menambah wawasan tentang pembentukan kepribadian muslim melalui kegiatan
kepramukaan di SMK Ma’arif NU Tirto Kabupaten Pekalongan. Bagi siswa,
sebagai media untuk tertarik agar lebih aktif mengikuti kegiatan kepramukaan
untuk membentuk kepribadian muslim dalam dirinya.
viii
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber
data penelitian ini terdiri dari sumber data primer adalah Pembina Pramuka dan
Siswa-siswi SMK Ma’arif NU Tirto Kabupaten Pekalongan yang aktif dalam
kegiatan kepramukaan. Sumber data sekunder adalah Kepala sekolah, Staf guru di
SMK Ma’arif NU Tirto Kabupaten Pekalongan dan buku-buku penunjang yang
relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara
lain metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik
analisis data ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program kegiatan kepramukaan
di SMK Ma’arif NU Tirto dapat membentuk kepribadian muslim siswa. Adapun
kepribadian muslim siswa yang dapat dibentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler
kepramukaan adalah taqwa, mencintai alam dan lingkungannya, moral, mandiri,
toleransi, tanggung jawab, kedisiplinan dan berjiwa pemimpin. Kemudian
program kegiatan kepramukaan tersebut seperti kegiatan perkemahan yang dapat
membentuk kemandirian, sikap saling tolong menolong, menjaga kebersihan dan
juga membentuk ketaqwaan terhadap Allah SWT. Program kegiatan musyawarah
juga dapat membentuk kepribadian muslim dengan melatih bertanggung jawab,
toleransi serta mencari jalan keluar bersama-sama. Lomba kepramukaan juga
membentuk kepribadian muslim seperti mengasah otak dimana setiap anggotanya
dapat menganalisis sebuah permasalahan sehingga bisa mencari solusi dari
permasalahannya. Kegiatan pelatihan dan pendidikan dapat membentuk
kepribadian muslim yaitu dengan menambah wawasan pengetahuan sehingga para
anggota pramuka yang mengikuti pelatihan dan pendidikan ini bisa menerapkan
dan mengamalkan kepada siapapun. Pembentukan kepribadian muslim melalui
kegiatan kepramukaan yaitu dilakukan dengan metode-metode antara lain metode
keteladanan, metode pembiasaan, metode mendidik melalui ibrah (mengambil
pelajaran), metode mendidik melalui mauidhoh (nasehat), metode mendidik
melalui kedisiplinan dan metode mendidik melalui targhib dan tarhib.
16SK1621017 | SK PAI 16.017 MAR m | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain