SKRIPSI PAI
Upaya Guru Dalam Menanamkan Akhlak Islami Peserta didik di TK Muslimat NU Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang
ABSTRAK
Indri Amalia, Ikani. 2015. Upaya Guru Dalam Menanamkan Akhlak Islami Peserta Didik Di TK Muslimat NU Paanjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Jurusan/Program Studi : Tarbiyah/S1 PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbig :Dr. Sopiah, M.Ag.
Kata kunci :Upaya guru menanamkan akhlak Islam dan faktor yang mendukung dan menghambat. Pentingnya pendidikan anak usia dini juga dibentuk untuk menjadikan peserta didik mempunyai akhlak yang baik. Pendidikan akhlak memang harus diterapkan kepada peserta didik sedini mungkin. Pendidikan akhlak diterapkan untuk membiasakan sikap atau perilaku peserta didik agar sesuai dengan norma keagamaan. Akhlak sendiri memiliki pengertian yaitu kata akhlak berasala dari bahasa arab, yaitu budi pekerti, perangai, tingkah laku, tata krama, sopan santun, adab, dan tindakan. Kata akhlak juga berasal dari kata “khalaqa” yang artinya kejadian, serta erat hubungannya dengan “khaliq” yang artinya menciptakan, tindakan atau perbuatan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana upaya guru dalam menanamkan akhlak islami peserta didik di TK Muslimat NU Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang? Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya guru dalam menanamkan akhlak islami peserta didik di TK Muslimat NU Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang ? tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan akhlak islami peserta didik di TK Muslimat NU Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang.Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya guru dalam menanamkan akhlak islami peserta didik di TK Mulimat NU Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini menggunakan studi lapangan (field research. sedangkan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Sedangkan untuk metode pengumpulan datadalam penelitian ini adalah interview, dokumentasi dan wawancara. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, upaya guru dalam menanamkan akhlak Islami peserta didik memberikan materi-materi yang bersifat mendidik seperti menceritakan kisah-kisah nabi dan rasul, bernyanyi lagu-lagu keagamaan, bersyair tentang Islam, dan praktek (ibadah, wudhu, dan doa harian), selain itu membaca asmaul husna dan surat-surat pendek juga salah satu upaya guru dalam menanamkan akhlak Islami peserta didik. Kedua, faktor yang mendukung seperti ketersediaannya buku RKM, buku panduan, adanya dukungan dari semua pihak baik guru, dan orang tua serta lingkungan dan faktor penghambatnya adalah seperti kurang sosialisasinya dari Kemenag untuk menyampaikan materi, kurangnya minat dari peserta didik, malas dan sibuk dengan dunia anak sendiri.
16SK1621012 | SK PAI 16.012 AMA u | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain