SKRIPSI PAI
Upaya Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan System Pembelajaran di MI (Studi Kasus di MI Adinuso Kec. Subah Kab. Batang)
ABSTRAK
Dewi, Ida Kusuma. 202109214. Upaya Kepala madrasah Dalam Mengembangkan Sistem Pembelajaran Di MI (Studi Kasus di MI Adinuso Kec. Subah Kab. Batang). Skripsi Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing Ely Mufidah, M.S.I
Kata kunci : kepala madrasah dan sistem pembelajaran
Kepala madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sebagai pemimpin pendidikan, kepala sekolah harus bisa mengembangkan semangat kerja dan kerja sama yang harmonis, minat terhadap sistem pembelajaran dan perkembangan kualitas proposional guru-guru yang dipimpinnya, serta kualitas siswa atau sekolah yang secara umum banyak ditentukan oleh kualitas pemimpin sekolah (kepala sekolah). Sistem pembelajaran dalam pendidikan sangatlah penting karena sestem pembelajaran adalah suatu upaya seorang guru dalam merancang dan mengelola seluruh sumber daya dan fasilitas yang tersedia sehingga mendorong siswa untuk belajar. Dalam mengembangkan sistem pembelajar yang dilakukan oleh kepala sekolah pasti ada faktor-faktor yang mempengaruhinya dari faktor pendukung dan faktor penghambat.
Atas dasar pemikiran diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: pertama, Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengembangkan sistem pembelajaran di MI Adinuso Kec. Subah Kab. Batang. Tujuhan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya kepala sekolah dalam menggembangkan sistem pembelajaran di MI.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya kepala sekolah dalam mengembangkan sistem pembelajaran di MI Adinuso Kec. Subah Kab. Batang. Adapun prosedur pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan tahapan analisis sebelum dilapangan, saat dilapangan dan setelah pengumpulan data.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya kepala sekolah dalam mengembangkan sistem pembelajaran di MI Adinuso Kecamatan Subah Kabupaten Batang, upaya yang dilakukan kepala sekolah adalah pertama Aturan-aturan, di MI aturan-aturan yang diterapkan yaitu kedisiplinan dan ketertiban, kedua perekrutan guru dan siswa, dalam perekrutan guru itu di MI Adinuso mengutamakan yang sudah lulus S1 dan sesuai dengan bidangnya sedangkan perekrutan siswa di MI Adinuso sediri belum ada ketentuan khusus untuk syarat untuk masuk di MI, ketiga hubungan internal dan eksternal, keempat sarana prasarana yang mendukung proses belajar mengajar, sehingga memberikan dorongan untuk mengembangkan sistem pembelajaran yang ingin dicapai, kelima hasil belajar. Dari hal itu tugas dan hasil kerja, dan peraturan, memberi pelayanan pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui program-program sekolah yang ada, sedangkan faktor pendukungnya yaitu guru, siswa, sarana prasarana dan masyarakat. Kemudian faktor penghambatnya yaitu kesadaran dari wali murid, biaya, kurangnya perawatan sarana dan prasarana.
16SK1621011 | SK PAI 16.011 DEW u | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain