SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Akhlak Di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu (PAUD IT) Mutiara Umat Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan
ABSTRAK
Fadhilah, Nurul. 2015. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ISLAM TERPADU (PAUD IT) MUTIARA UMAT KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN. Skripsi Jurusan Tarbiyah/Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Siti Mumun Muniroh, S.Psi.M.A
Kata kunci : pendidikan akhlak dan pendidikan anak usia dini
Pendidikan akhlak menjadi penting karena dengan ini diharapkan manusia akan mempunyai pegangan dalam berbuat, berperilaku, berpikir dan mengaktualisasikan diri dalam kehidupan bermasyarakat kelak. Pendidikanakhlak yang diajarkan pada anak akan membentuk kepribadian anak yang sesuai dengan syariat Islam dan norma yang berlaku sehingga tidak menyalahi pedoman yang telah diterapkan oleh nilai-nilai etika kemasyarakatan dan agama. Dengan demikian pendidikan akhlak pada anak usia dini ini sangat penting karena guna menanamkan nilai akhlak dan ketauhidan sebagai dasar kehidupan manusia yang akan datang
Penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimana implenmentasi pendidikan akhlak di pendidikan anak usia dini islam terpadu mutiara umat? Dan factor pendukung dan factor penghambat dari implementasi pendidikan akhlak di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu (PAUD IT) Mutiara Umat Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan ? skripsi ini diharapkan dapat berguna secara teoritis dan secara praktis bagi pihak–pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan terutama pendidikan anak usia dini seperti gurudan orangtua
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan akhlak di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu Mutiara Umat Kec Bojong Kab pekalongan dilaksanalan dengan pembuatan perencanaan seperti RPT, RPS, RKH. Materi tentang akhlak yaitu : adab makan, adab berdoa, ibadah, sopan santun dll. Pendidiikan akhak di PAUD IT Mutiara Umat menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasehat dan cerita. Mengenai evaluasi di PAUD IT Mutiara Umat dilakukan dengan melakukan pengamatan, tes hafalan dan portofolio. Ada beberapa faktor yang mendukung implementasi pendidikan akhlak yaitu: pendidik profesional, dukungan orangtua, dan dukungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat dari implementasi pendidikan akhlak di PAUD IT Mutiara Umat adalah karakter anak yang kurang baik dan pola asuh orangtua yang kurang tepat.
16SK1621009 | SK PAI 16.009 FAD i | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain