SKRIPSI PAI
Perkembangan Kepribadian Islami Remaja Pada Siswa Mts.S Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan
ABSTRAK
Ifana, Lia. 2015. PerkembanganKepribadianIslamiRemaja di MTs.SHidayatulAthfalBanyurip Alit Pekalongan. Skripsi Jurusan/Program Studi Tarbiyah/S1PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. SitiMumunMuniroh, S.Psi,MA.
Kata kunci: KepribadianIslamiRemaja, Siswakelas 8 A, MTs.HidayatulAthfal
Perkembangan kepribadian Islami remaja merupakan perubahan serangkaian perilaku manusia, baik sebagai makhluk individu maupun makhluksosial. KepribadianIslamidapatdiwujudkandenganberbagaiaspeksepertiaspekruhiyah, aspekfikriyahdanaspekamaliyah yang berjalanbersamaansehinggaterciptakepribadian yang baiksertaselarasantarahati, ucapandanperbuatan.
Dalam penelitian ini penulis mengajukan rumusanmasalahyang pertamabagaimanaperkembangankepribadianIslamisiswa di MTs.SHidayatulAthfalBanyurip Alit Pekalongan? Yang kedua faktor apa yang mempengaruhi pembentukan kepribadian Islami siswa di MTs.S Hidayatul Athfal?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kepribadian Islami siswa di MTs.S Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan, dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian Islami siswa di MTs.S Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan.
Pendekatan yang digunakandalam penelitianiniadalahpendekatankualitatif denganjenispenelitian yang dilaksanakanadalahjenispenelitianlapangan. Pengumpulan data denganobservasi, wawancaradandokumentasi, Analisis data yang digunakanadalahanalisis non-statistikyaitumenggunakananalisisdeskriptifkualitatif, data yang diperoleh (berupa kata-kata, gambar, danperilaku).Penelitimelakukananalisis data denganmemberipemaparanmengenaisituasi yang ditelitidalambentukuraiannaratifdeskriptif.
Hasil Penelitian di MTs.S Hidayatul Athfal tentang Kepribadian Islami remaja antara lain dalam aspek ruhiyah sepertiSiswa meyakini akan Ke-Esaan Allah atas kesadaran dari dalam diri siswa,Siswa melaksanakan shalat lima waktu, melakukan kewajiban tanpa adanya perintah akan tetapi kesadaran diri siswa. AspekfikriyahsepertiSiswamengetahuiwawasankeIslamansebagaidasarpedomanhidupseorangmuslim, siswatepatdantetapdalammenjalankankewajibannya. AspekAmaliyahsepertisiswaselaluberusahaselarasantaraperkataandanperbuatannya, dalampergaulansiswaterkadangmencelatetapisetelahmelakukanhaltersebutsiswalangsungmemintamaaf.Adapunfaktor yang mempengaruhipembentukankepribadianIslamisiswaterdapatduafaktor.Pertamafaktor internal (dalamdirisiswa) yang berupakesadarandalammenjalankankewajibandankeselaranantaraaspekruhiyah, fikriyahdanamaliyah.Kedua,faktoreksternalyang meliputilingkunganalam,
ix
lingkungan pergaulan (keluarga, lingkungansekitar, ingkungansekolah, temansebaya, guru) disekitar siswa yang menjadi pengaruh dalam menjalankan kewajiban dan keselarasan antara aspek ruhiyah, fikriyah dan amaliyah.
16SK1621008 | SK PAI 16.008 IFA p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain