SKRIPSI PAI
Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Materi Puasa di SD Plus Baiturrahman Api-api Wonokerto Pekalongan
ABSTRAK
KODLI ZAKKA (2021210131). PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI PUASA DI SD PLUS BAITURRAHMAN API-API WONOKERTO PEKALONGAN
Kata kunci: Snowball Throwing, Hasil Belajar, Puasa.
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi siswa kelas VB SD Plus Baiturrahman kecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan ketika mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, masalah yang didapati ialah hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi tarih rata-rata nilai pada kemampuan penguasaan materi melalui tes tertulis dan kemampuan menceritakan kembali materi tarih secara lisan masih rendah atau di bawah KKM yang ditetapkan oleh Satuan Pendidikan SD Plus Baiturrahman Api-Api.
Untuk menjadikan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam lebih menarik siswa dalam belajar perlu diawali dalam cara menyampaikannya, salah satunya adalah dengan menggunakan metode Metode Snowball Throwing . Metode Snowball Throwing merupakan salah satu strategi kreatif dalam mengamati fenomena sesuai materi dan mendiskusikan untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Dengan munculnya rasa senang dan kesan yang mendalam inilah diharapkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terutama sejarah Islam tentang kisah Sahabat Nabi dapat ditingkatkan.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah metode Snowball Throwing dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas V dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi hikmah puasa di SD Plus Baiturrahman Api-Api Wonokerto Pekalongan?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus, dengan empat tahapan setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran menggunakan Metode Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini bisa dilihat dari aspek kognitif yaitu peningkatan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tentang Puasa Wajib dan Puasa Sunah kelas 5 B SD Plus Baiturrahman Api-api melalui tes secara tertulis dan kemampuan menceritakan kembali Tentang Puasa Wajib dan Puasa Sunah secara lisan, di mana pada pra siklus ada 5 siswa atau 25% yang tuntas belajar, naik menjadi 8 siswa atau 40 % pada sikius I dan pada sikius II dengan ketuntasan 19 siswa atau 95 %, sedangkan dari aspek afektif yaitu siswa dapat memahami apa yang disampaikan guru yaitu tentang kisah Sahabat Nabi melalui diskusi dengan metode Metode Snowball Throwing , sedangkan dari segi psikomotorik Metode Snowball Throwing sangat membantu mengembangkan kreatifitas siswa melalui aktifitas berdiskusi.
16SK1621007 | SK PAI 16.007 ZAK p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain