BUKU
Learning Intelligence for Innovative Business
Dunia bisnis tidak hanya berputar memenuhi kebutuhan masyarakat, tetapi juga bisa mengubah kebutuhan tersebut. Banyak produk baru bermunculan, yang kadang menggeser produk lama. Tersingkirnya produk lama sering juga berarti tersingkirnya bisnis yang menghasilkannya yang tidak mampu lagi menyesuaikan diri dengan perubahan. Persaingan mengglobal tak terhindarkan, dan bahkan tidak perlu dikuatirkan secara berlebihan. Globalisasi juga menghadirkan peluang. Untuk bisa mengkonversi ancaman menjadi peluang diperlukan kemampuan berinovasi. Inovasi adalah suatu kemestian dalam persaingan bisnis. Bisnis adalah inovasi. Membangun bisnis tanpa inovasi ibarat membangun istana dari anyaman bambu di atas pasir di tengah terpaan badai. Pebisnis harus inovatif untuk bisa terus bertahan. Kuncinya adalah belajar. Belajar dengan memperhatikan bisnis orang lain, belajar dari keluhan pelanggan, bahkan belajar dari masalah dan pesaing. Materi dalam buku ini dibahas secara rinci dalam lima belas bab. Bab pertama mengenai statis, kreatif dan inovatif. Bab dua membahas persaingan atau pertarungan inovasi, bab ketiga mengenai inovasi yang harus memberi manfaat. Bab keempat mengenai mengapa inovasi membutuhkan learning inteligence, meliputi mengapa kita perlu belajar dalam berinovasi, bagaimana kita belajar dan sumber-sumber pengetahuan. Bab kelima mengenai menggagas inovasi, meliputi menembus ketidakpastian, inovasi bertolah dari teknologi atau keahlian, inovasi bertolah dari masalah, mengarahkan inovasi agar diterima pasar, dan menciptakan pasar. Bab keenam dalam buku ini membahas mengenai konsumen sebagai sumber gagasan inovasi, dimana posisi konsumen yang semakin kuat, dan juga konsumen sebagai sumber gagasan inovatif. Bab ketujuh membahasa mengenai perlunya mempelajari pesaing langsung, melacak sumber keunggulan pesaing dan belajar dari bisnis yang sama di tempat lain. Bab kedelapan mengenai menambang gagasan dari industri lain seperti analogi dan solusi dari industri lain. Bab sembilan mengenai perlunya belajar dari pemasok. Sedangkan bab sepuluh menekankan untuk mencari sasaran inovasi. Bab kesebelas sampai tiga belas mengenai inovasi fungsional, hambatan dalam melakukan inovasi, serta menjadi inovatif dengan berpikir lateral. Bab keempat mengenai memanfaatkan kreativitas kolektif. dan Bahasan terakhir dari buku ini adalah mengenai mentalitas inovator.
16BIC160581.00 | BIC 650.1 MAU l | My Library (Lantai 3, BI CORNER) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain