BUKU
Corporate Social Responsibility
Perkembangan industrialisasi memunculkan persoalan sosial dan lingkungan, sehingga negative externalities menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sosial masyarakat. Eksternalitas memunculkan social cost yang harus ditanggung oleh masyarakat, yang belum tentn mereka secara langsung memperoleh bagian dari keuntungan industrialisasi. Radiasi, hujan asam, global warming, pergeseran sistem sosial, pencemaran udara, pencemaran air, pergeseran ekosistem dan sejenisnya menjadi latar belakang penulisan buku ini.
Tanggungjawab sosial merupakan pelebaran tanggung jawab perusahan sampai lingkungan baik secara fisik maupun psikis. Hal ini, dapat dilakukan dengan berinventasi pada sektor-sektor ramah lingkungan, menjaga keseimbangan eksploitasi, pengolahan limbah, menaikkan pengeluaran-pengeluaran sosial serta cara lain guna menjaga keseimbangan lingkungan dan sejenisnya.Biaya-biaya tersebut dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan antara keberadaan perusahaan dengan harapan masyarakat dan lingkungan. Hasil penelitian Nor Hadi menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan memiliki kandungan dan konsekuensi baik secara sosial, maupun secara ekonomi. Perusahaan yang melakukan aktivitas tanggung jawab dengan penuh keseriusan, dan didukung oleh strategi implementasi yang tepat dan memiliki manfaat. Disamping itu, tingkat tanggungjawab sosial perusahaan ternyata juga memiliki dampak terhadap peningkatan kinerja ekonomi perusahaan.
Buku ini terdiri dari 10 bab dan dibahas secara runtut. Bab 1 membahasa mengenai berbagai kasus industrialisasi dan benang merah negative externalities dan CSR. Bab 2 membahas mengenai pergerseran paradigma pengelolaan perusahaan. Bab tiga membahas mengenai definisi social responsibility, sejarah perkembangan, prinsip-prinsip sosial dan pandangan perusahaan tentang social responsibility. Bab keempat dan seterusnya meliputi dilema etik social responsibility, landasan teoretis social responsibility, membangun nilai perusahaan berbasis stakeholder, implementasi social responsibility, pemetaan pendekatan praktik social responsibility hasil temuan empiris, dan pengukuran social responsibility berbasis "NH Approach", serta pelaporan program social responsibility. Buku ini memberikan gambaran utuh, baik dari sisi teoretis sampai pada sisi praktis, dengan memberikan stimulus gambaran aplikatif bagi para pelaku bisnis yang ingin melakukan tanggung jawab sosial.
16BIC160563.00 | BIC 303.3 Had c | My Library (Lantai 3, BI CORNER) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain