Thesis
Strategi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Mengatasi Gangguan Konsentrasi Anak Tunagrahita (Studi Kasus di SDLB Negeri Wiradesa, Kabupaten Pekalongan)
KataKunci : Strategi, Pembelajaran, PAI, AnakTunagrahita.
Anaktunagrahita dalam kehidupannya memiliki hambatan dalam perkembangan kognitif jauh dibawah rata-rata anak pada umumnya dan hambatan perilaku adaptif.Akibat dari kondisi seperti itu anak tunagrahita mengalami kesulitan belajar secara akademik dan interpersonal dan kesulitan dalam mengurus diri, kesulitan dalam menilai situasi dan ketergangguan kepada orang-orang lain, konflik dan frustasi belum mendapat perhatian yang memadai. Hampir semua anak-anak tunagrahita yang belajar di SDLB Negeri Wiradesa, Kabupaten Pekalongan mengalami masalah perilaku.Diantara mereka ada yang karena proses perkembangan mampu mengatasi masalah tersebut, tetapi ada sebagaian dari mereka yang mengalami kesulitan untuk mengatasi masalah perilaku.
Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana bentuk-bentuk gangguan konsentrasi dalam pembelajaran anak tunagrahita di SDLB Negeri Wiradesa, Kabupaten Pekalongan ? Bagaimana strategi dalam pmbelajaran yang diterapkan guru pendidikan agama Islam untuk mengatasi gangguan konsentrasi anak tunagrahita di SDLB Negeri Wiradesa, Kabupaten Pekalongan ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, artinya pendekatan penelitian yang menekan kan pada pengambilan data dari lapangan (field reserch). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam, kepalasekolah, guru kelas, administrator danbuku-buku yang berkaitan dengan judul.Teknik pengumpulan data berupaobservasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis induktif dimana peneliti mengumpulkan data observasi, dokumentasi dan mengambil hasil transkrip wawancara tentang guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi gangguan konsentrasi anak tunagrahita di SDLB Negeri Wiradesa, Kabupaten Pekalongan.
Penelitan ini menghasilkan temuan :Bentuk-bentuk gangguan konsentrasi dalam pembelajaran anak tunagrahita seperti: berisik atau membuat gaduh, intelegensi rendah, pemusatan perhatian, mengganggu teman atau usil, tidak bisa duduk dengan tenang, dan adanya berbagai macam karakteristik. Strategi pembelajaran yang diterapkan guru PAI untuk mengatasi gangguan konsentrasi anak tunagrahita dengan menggunakan pendekatan-pendekatan khusus dan beberapa metode. Pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan didasarkan pada karakteristik, kondisi dan kemampuan anak didik. Dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, pendidik menggunakan metode ceramah, tanyajawab, pemberiantugas, driil dan demonstrasi. Masing-masing metode digunakan untuk mengatasi gangguan konsentrasi yang satu, sedangkan metode yang lain untuk mengatasi gangguan konsentrasi yang lain dan seterusnya.
16TS1651024.00 | TS P.PAI 16.024 AMS s | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain