Thesis
Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas XI SMA N 1 Pekalongan Tahun Pelajaran 2014-2015
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Spiritual, Prestasi Belajar
Pendidikan agama Islam merupakan salah satu matapelajaran di lembaga pendidikan umum yang memiliki peranan strategis dalam pembentukan moral, akhlak dan etika para siswa. Keberhasilan siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dapat diwujudkan dari prestasi belajar mereka. Pencapaian prestasi siswa tidak didapat dengan serta merta, banyak faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi. Kecerdasan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi. Dewasa ini dikenal beberapa jenis kecerdasan. Namun demikin, sistem pembelajaran saat ini masih terorientasi pada kecerdasan intelektual (IQ) saja. Konsekuensinya IQ dijadikan acuan utama dalam menentukan keberhasilan belajar anak didik. Pada kenyataannya, dalam proses belajar mengajar di sekolah terkadang ditemukan siswa yang tidak dapat meraih prestasi belajar yang setara dengan kemampuan IQ-nya. Ada siswa yang mempunyai kemampuan IQ yang tinggi tetapi memperoleh prestasi belajar yang relatif rendah dan sebaliknya. Oleh karena itu, taraf intelektual bukan merupakan satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan seseorang, karena ada faktor lain yang mempengaruhi, diantaranya adalah kecerdasan emosional dan spiritual.
Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana korelasi antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMA N 1 Pekalongan?, bagaimana korelasi antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMA N 1 Pekalongan?, dan bagaimana korelasi antara kecerdasan emosional dan spiritual dengan prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMA N 1 Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis korelasi antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMA N 1 Pekalongan, mengetahui dan menganalisis korelasi antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMA N 1 Pekalongan, mengetahui dan menganalisis korelasi antara kecerdasan emosional dan spiritual dengan prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMA N 1 Pekalongan. Adapun manfaat penelitian ini secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk pengembangan ilmu pengetahuan pada umumnya dan pendidikan pada khususnya.
Adapun tujuan penelitian ini mengetahui dan menganalisis korelasi antara kecerdasan emosional dan spiritual dengan prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMA N 1 Pekalongan tahun ajaran 2014-2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research. Populasi penelitian yaitu siswa SMA N 1 Pekalongan kelas XI sejumlah 272 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling yang diambil dengan cara random sampling sejumlah 159 siswa. Analisis data yang digunakan adalah
viii
analisis korelasi pearson dan multivariat atau uji F dengan menggunakan bantuan program SPSS for windows versi 16.0.
Hasil analisis diperoleh Kecerdasan emosional memberikan korelasi positif dengan Prestasi belajar siswa. Nilai rxy = 0,438 yang dikategorikan memiliki hubungan yang cukup atau sedang dan kecerdasan emosional berkontribusi sebesar 19,2% terhadap prestasi belajar. Kecerdasan spiritual memberikan korelasi positif dengan prestasi belajar PAI siswa sebesar 0,437 dikategorikan memiliki hubungan yang cukup atau sedang antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar. Sedangkan kontribusi kecerdasan spiritual sebesar 19% terhadap prestasi belajar PAI siswa. Kecerdasan emosional dan spiritual memberikan korelasi positif dengan prestasi belajar PAI siswa sebesar 0,554 termasuk dalam kategori cukup atau sedang. Hubungan secara bersama-sama antara kecerdasan emosional dan spiritual dengan prestasi belajar PAI F hitung 34,554 > F tabel 3,06, yang berarti memiliki hubungan yang signifikan dan berkontribusi sebesar 30,7%.
16TS1651023.00 | TS P.PAI 16.023 KAM k | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain