Thesis
Pendidikan Akhlak Peserta Didik Di MTs Muhammadiyah Batang
Pendidikan agama Islam menempatkan posisi terdepan dalam pengembangan akhlak beragama peserta didik. Dalam pelaksanaan pendidikan akhlak di MTs. Muhammadiyah Batang. Peserta didik diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan keimanannya yang diwujudkan dalam tingkah laku terpuji. Selain itu, peserta didik juga diarahkan mencapai keseimbangan antara kemajuan lahiriah dan batiniah, keselarasan hubungan antara manusia dalam lingkup sosial masyarakat dan lingkungannya juga hubungan manusia dengan Tuhannya. Dengan begitu, pendidikan akhlak serta penerapannya akan melahirkan kepribadian peserta didik yang berlandaskan ajaran Islam dan dapat mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan nasional, terutama terwujudnya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, dan sikap-sikap positif lainnya serta ketenangan dan ketentraman hidup baik di dunia maupun di akhirat.
Ada satu permasalahan utama dalam tesis ini yaitu Bagaimana Pendidikan akhlak peserta didik di MTs Muhammadiyah Batang. Tesis ini bertujuan untuk Mengeksplorasi pelaksanaan pendidikan akhlak peserta didik di MTs Muhammadiyah Batang, diantaranya yaitu: akhlak peserta didik kepada Allah dan akhlak peserta didik kepada sesama manusia yang meliputi: akhlak terhadap Kepala Sekolah, Guru dan karyawan madrasah, Teman Sebaya, dan Akhlak Terhadap Lingkungan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan menggunakan teknik berfikir induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di MTs Muhammadiyah Batang pendidikan akhlak secara garis besar mencakup tiga sasaran yaitu akhlak terhadap Allah SWT, Akhlak terhadap manusia dan Akhlak terhadap lingkungan. Didalam pembentukan akhlak perlu adanya pendidikan islam yang mengarahkan akhlak tersebut, karena didalam tujuan pendidikan islam yang sejalan dengan misi islam itu sendiri yaitu mempertinggi nilai-nilai akhlak hingga mencapai akhlak al-karimah, faktor kemuliaan akhlak adalah kunci dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang menurut pandangan Islam berfungsi menyiapkan manusia yang mampu menata kehidupan yang sejahtera didunia dan diakhirat. Akhlak yang diharapkan dapat dibentuk melalui pendidikan Islam.
Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Tingkah Laku Peserta didik.
16TS1651022.00 | TS P.PAI 16.022 MUS p | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain