Thesis
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar PAI Di SMP N 1 Batang
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kedisiplinan, Prestasi Belajar.
Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru, yang penting dalam menentukan keberhasilan proses belajar. Begitu pula dengan kedisiplinan juga merupakan salah satu upaya dan perbuatan untuk meningkatkan kualitas belajar, karena dengan disiplin segala kegiatan akan teratur dan terarah sehingga tujuan belajar yang diharapkan dapat dicapai dengan baik. Sehingga kompetensi pedagogik dan kedisiplinan merupakan sebagian dari faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Dan prestasi belajar bisa tercapai tentu adanya faktor yang mendukung, baik faktor dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar PAI di SMP N 1 Batang, bagaimana pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar PAI di SMP N 1 Batang dan bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar PAI di SMP N 1 Batang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengungkapkan pengaruh kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar PAI di SMP N 1 Batang, mengungkapkan pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar PAI di SMP N 1 Batang dan mengungkapkan pengaruh kompetensi pedagogik dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar PAI di SMP N 1 Batang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif atau penelitian lapangan (field reseach), dengan pendekatan studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisa regresi linier sederhana dan analisa regresi linier berganda.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai t hitung > t tabel (2,487 > 1,970) dan signifikansi < 0,05 (0,014 < 0,05) maka Ho ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI. Nilai t hitung > t tabel (2,972 > 1,970) dan signifikansi < 0,05 (0,003 < 0,05) maka Ho ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan siswa secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI. Dan F hitung > F tabel (7,821 > 3,035.617) dan signifikansi < 0,05 (0,001 < 0.05), maka Ho ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik dan kedisiplinan siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI SMP N 1 Batang.
16TS1651021.00 | TS P.PAI 16.021 FAD p | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain