Thesis
Implementasi Pembelajaran Kepedulian Sosial Di TK Negeri Pembina Kota Pekalongan
Model pembelajaran yang hanya mementingkan aspek kognitif dengan mengabaikan aspek nilai afektif mengakibatkan peserta didik kurang memiliki kemandirian dan kepedulian tidak memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan lingkungan fisik dan sosial. Dampak negatif yang lain dari ketidakseimbangan dan ketidakadilan dalam pengembangan potensi peserta didik akan membahayakan tidak saja bagi peserta didik sendiri, akan tetapi pada masyarakat secara keseluruhan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana kurikulum pembelajaran kepedulian sosial di TK Negeri Pembina Kota Pekalongan; (2). Bagaimana rencana pembelajaran kepedulian sosial di TK Negeri Pembina Kota Pekalongan; dan (3). Bagaimana evaluasi pembelajaran kepedulian sosial di TK Negeri Pembina Kota Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hal ini karena dalam penelitian ini sangat menekankan pada perolehan data asli atau natural condition. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research, yaitu peneliti berangkat ke “lapangan” untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah atau “in situ”. Proses pengumpulan data berasal dari tiga sumber, yaitu: (1). Observasi; (2). Wawancara; dan (3). Dokumen-dokumen. Analisis data dengan menggunakan analisis data kualitatif John W. Cresswell. Validitas datanya menggunakan Triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum pembelajaran kepedulian sosial dirancang dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dimuat dalam visi, misi, maupun tujuan sekolah. Dari visi, misi, maupun tujuan kemudian dijabarkan dalam Kurikulum Nasionalisme dan Pendidikan Budaya Karakter bangsa yang membedakan TK Negeri Pembina Kota Pekalongan dengan TK lainnya di Kota Pekalongan, Rencana Kegiatan Mingguan, dan Rencana Kegiatan Harian sebagai awal persiapan pembelajaran agar dapat menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Rencana pembelajaran kepedulian sosial dilakukan dengan cara guru sebagai pendidik yang profesional sebagai panutan para peserta didik dalam menumbuhkembangkan rasa kepedulian sosial mampu mengajar dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang tepat, dan para peserta didik yang mampu berbagi dan menyayangi teman sekelas, guru, dan peduli terhadap musibah di sekitar dengan cara memberikan sumbangan sekedarnya. Evaluasi implementasi pembelajaran kepedulian sosial dilaksanakan setiap hari melalui observasi, unjuk kerja, dan percakapan terhadap peserta didik. Hal ini untuk melihat perilaku peserta didik dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Hasil evaluasi adalah melaporkan hasil evaluasi per semester kepada orangtua peserta didik melalui penilaian perkembangan anak didik (rapor).
Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran, Kepedulian Sosial
16TS1651020.00 | TS P.PAI 16.020 FAT i | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain