Thesis
Pengaruh Program Perbaikan Dan Pengayaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mapel PAI Di SDN 01 Notogiwang Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan
Peserta didik merupakan generasi penerus bangsa. Di tangan mereka nasib ditentukan maju atau mundurnya suatu bangsa. Sehingga, seorang pendidik dalam kegiatan belajar mengajar sudah selayaknya menerapkan sistem belajar tuntas, guna meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu penerapan sistem belajar tuntas adalah menerapkan pendekatan program pembelajaran perbaikan dan pengayaan. Dengan penerapan sistem belajar tuntas yang maksimal, peserta didik akan merasakan pelayanan prima dalam menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan. Penelitian ini, mencari pengaruh program pembelajaran perbaikan dan pengayaan terhadap prestasi belajar siswa pada mapel PAI. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pelaksanaan program pembelajaran perbaikan dan pengayaan pada mata pelajaran PAI di SDN 01 Notogiwang Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Dengan penelitian ini, juga dapat dikembangkan dan diaplikasikan sistem belajar tuntas, agar lebih dimaksimalkan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif. Pengolahan data penelitian menggunakan regresi ganda dengan manual dan menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2007 dan SPSS 22 untuk mencocokkan hasil. Sedangkan semua instrumen menggunakan skala interval dengan skala 1 s/d 5. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 301 siswa, sedangkan sampel berjumlah, 162 responden dengan taraf kesalahan 5%. Berdasarkan hasil pengujian asosiatif pada dua variabel independen (X1 dan X2) terhadap satu variabel dependen (Y) menunjukkan Rh sebesar 0.16. Sedangkan hasil perbandingan menunjukkan Fh > Ft (2,001 < 3,0528), dapat dinyatakan bahwa regresi ganda tidak signifikan, maka persamaan regresi tidak dapat diberlakukan dimana sampel diambil. Sedangkan bentuk persamaan regresi menunjukkan Y = 72,405 + 0,031 Perbaikan + 0,062 Pengayaan. Hasil pengujian tersebut ada pengaruh yang positif , walaupun mempunyai pengaruh yang lemah. Hal ini bisa terjadi karena ada faktor lain mempunyai pengaruh lebih besar.
16TS1651014.00 | TS P.PAI 16.014 AMI p | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain