Thesis
Strategi Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SD Negeri Di Kecamatan Wonotunggal Batang
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Kompetensi Pedagogik, Guru Pendidikan Islam
Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu kompetensi pedagogik. Kompetensi Pedagogik merupakan kemampuan yang berkenaan dengan pemahaman anak didik dan pengelola pembelajaran yang mendidik dan dialogis. Dalam PP No. 19 tahun 2003 tentang standar nasional pendidikan, penjelasan pasal 28 ayat 3 butir a dikemukakan bahwa kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Guru sebagai tenaga pendidik yang tugas utamanya mengajar, memiliki karakteristik kepribadian yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pengembangan sumber daya manusia. Guru merupakan jabatan atau profesi yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru, orang yang pandai dalam bidang- bidang tertentu, belum dapat dikatakah sebagai guru.
Penelitian ini bersifat deskriptif analitik yaitu ini mencoba mendeskripsikan tentang bagaimana pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI SD Negeri di Kecamatan Wonotunggal Batang dalam proses pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang di peroleh langsung dari wawancara dengan guru-guru pendidikan agama Islam dan kepala SD Negeri di Kecamatan Wonotunggal Batang dan data sekunder yang diperoleh dari buku-buku, dokumen-dokumen, literatur yang sesusai dengan pembahasan penelitian. Adapun pengumpulan diperoleh melalui observasi (mengamati kegiatan guru PAI dalam pembelajaran), wawancara (memperkuat atau memperjelas data tertulis yaitu data tentang pengembangan kompetensi pedagogik bagi guru PAI) dan dokumentasi (untuk memperoleh data-data tentang dokumen yang berkaitan dengan guru PAI seperti perangkat pembelajaran). Dalam penelitian menggunakan analisis data kualitatif seperti yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yang meliputi tiga komponen, yaitu pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Hasil dari penelitian ini menunjukkan kompetensi guru PAI SD Negeri di Kecamatan Wonotunggal Batang termasuk kategori baik. Strategi pengembangan kompetensi guru PAI SD Negeri di Kecamatan Wonotunggal yang dilakukan oleh guru PAI sendiri, kepala sekolah dan pemerintah termasuk kategori baik.
16TS1651012.00 | TS P.PAI 16.012 UML s | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain