Thesis
Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru PAI Di SMA Negeri 4 Pekalongan
Kata Kunci: Strategi, Kepala sekolah, Profesionalisme, Guru Pendidikan Islam
Kemampuan profesional guru sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan sebagai mana yang diamanatkan dalam Garis Besar Haluan Negara (GBHN) bahwa titik berat pembangunan pendidikan diletakkan pada peningkatan mutu dan setiap jenjang dan jenis pendidikan. Tetapi hal ini tidak mungkin tercapai apabila tidak disertai usaha dari guru itu sendiri untuk senantiasa meningkatkan kemampuan profesionalnya dalam melaksanakan tugas sebagai pengajar. peran seorang Kepala sekolah sebagai pejabat formal, manajer, pemimpin, pendidik dan juga sebagai staf dalam pendidikan. Untuk membina dan meningkatkan profesionalitas tenaga pengajar dalam proses belajar mengajar dalam hal ini merupakan tugas dan tanggung jawab dari kepala sekolah.Oleh sebab itu keberhasilan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepemimpinan kepala sekolah. karena kepala sekolah sebagai pemimpin dilembaganya, maka harus mampu membawa lembaga kearah tercapainya tujuan yang telah ditetapkan
Penelitian ini bersifat deskriptif analisis yaitu mencoba mendeskripsikan tentang bagaimana kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI di SMA Negeri 4 Pekalongan dalam proses pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang di peroleh langsung dari wawancara dengan Kepala SMA Negeri 4 Pekalongan dan guru PAI SMA Negeri 4 Pekalongan dan data sekunder yang diperoleh antara lain informasi dari Tata Usaha (TU) dari masing-masing SMA Negeri 4 Pekalongan yang bersangkutan. Adapun pengumpulan diperoleh melalui observasi, wawancara (memperkuat atau memperjelas data tertulis yaitu data tentang upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI) dan dokumentasi (mengumpulkan data yang berkaitan dengan data guru PAI yang sudah di Kota Pekalongan,administrasi guru yang dimiliki oleh guru PAIyang bersifat dokumen). Dalam penelitian menggunakan analisis data kualitatif seperti yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yang meliputi tiga komponen, yaitu pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Dari hasil menunjukkan bahwa Strategi kepala sekolah dalam pengembangan profesionalitas di SMA Negeri 4 Pekalongan, dilakukan melalui berbagai upaya, antara lain:melakukan kunjungan kelas setiap 1 bulan sekali, melakukan pembinaan kepada guru, mengikutsertakan guru dalam berbagai kegiatan ilmiah, seperti inservice training, seminar, lokakarya, sertifikasi guru dan sebagainya, meningkatkan kesejahteraan guru, agar mereka tidak mencari sumber penghasilan lain di luar SMA Negeri 4 Pekalongan dan melengkapi sarana dan prasarana pendidikan, mengawasi, memantau dan mengevaluasi kinerja para pengajar dengan memberikan bimbingan Memberikan reward kepada guru berprestasi dan mengadakan supervisi pendidikan.
16TS1651011.00 | TS P.PAI 16.011 IST u | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain