Thesis
Pengaruh Strategi Pembelajaran Langsung Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Batang
Pembelajaran tidak hanya sekedar kegiatan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa, tetapi bagaimana siswa memaknai apa yang dipelajari itu. Berdasarkan studi yang dilakukan di SMP N 5 Batang bahwa dalam pembelajarannya guru lebih banyak menggunakan metode ceramah khususnya pada mata pelajaran PAI, sehingga siswa merasa cepat bosan. Hal ini berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa. Maka seorang guru seharusnya mampu merancang sebuah pembelajaran yang benar-benar dapat membekali siswa baik pengetahuan secara teoritis maupun praktek yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran langsung. Penelitian ini bertujuan : 1) mengetahui motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Batang sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran PAI; 2) mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran PAI; 3) menjelaskan pengaruh strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran PAI terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Batang. Manfaat penelitian secara teoritis diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan terutama dari segi psikologis siswa yaitu motivasi belajar, secara praktis yaitu dapat dijadikan motivasi guru untuk lebih meningkatkan keilmuan dan keterampilan dalam mengajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experiment dengan menggunakan rancangan eksperimen Control Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Batang, melalui cluster sample maka terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan strategi pembelajaran langsung dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional (ceramah). Tehnik penelitian yang digunakan adalah pelaksanaan strategi pembelajaran langsung dan angket. Analisa data yang digunakan adalah dengan uji t (Paired Samples T Test). Hasil Paired Samples Statistic menunjukkan bahwa : 1) ada perbedaan motivasi belajar sebelum dan sesudah diberlakukannya strategi pembelajaran langsung pada kelas eksperimen yang ditunjukkan dengan hasil rerata motivasi belajar sebesar 70,00 sebelum diberi perlakuan menjadi 75,94 setelah diberi perlakuan; 2) melalui uji perbedaan Paired Samples Test diketahui t hitung = -5,661 dan signifikansi 0,000, standar deviasi 6,11972, rata rata antara nilai pre-test dan post-test sebesar -5,94118. Jika melihat dari signifikansi maka Ho ditolak karena signifikansi 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh strategi pembelajaran langsung Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Batang. Dari hasil Paired Samples Correlation diketahui korelasi 0,493 dan signifikansi 0,003. Artiya strategi pembelajaran langsung memberi pengaruh terhadap motivasi belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 5 Batang dalam kategori sedang.
16TS1651007.00 | TS P.PAI 16.007 SAN p | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain