Thesis
Implementasi Pendidikan Akhlak Di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang
Pendidikan akhlak merupakan pendidikan yang dibutuhkan oleh anak untuk membentuk dan mengarahkan kepribadian yang baik dan benar. Pendidikan akhlak mencakup segala bidang kehidupan manusia di dunia dimana manusia mampu memanfaatkan sebagai tempat menanam benih amaliah diakhirat nanti, maka pembentukan sikap dan nilai amaliyah islamiyah dalam pribadi manusia baru dapat efektif bilamana dilakukan melalui proses pendidikan yang berjalan di atas kaidah agama Islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana bentuk pendidikan akhlak di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang, (2) bagaimana materi pendidikan akhlak di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang, (3) bagaimana metode pendidikan akhlak di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang, (4) bagaimana evaluasi pendidikan akhlak di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk, materi, metode dan evaluasi pendidikan akhlak di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Responden yang dipilih dengan SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk pendidikan akhlak di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang terbagi menjadi 2 (dua) yakni: (a) terintegrasi dalam mata pelajaran adalah dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan mata pelajaran PKn. (b) diluar mata pelajaran berupa membiasakan keteladanan guru, meliputi: keteladanan berpakaian, keteladanan berbicara, keteladanan bersikap, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, meliputi: Baca Tulis Al-Qur’ān (BTQ, pembacaan asmaul husna, tilawatil qur’an. (2) Materi pendidikan akhlak di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang terbagi menjadi 2 (dua) yakni: (a) terintegrasi dalam mata pelajaran adalah membiasakan perilaku terpuji dan menghindari perilaku tercela. (b) diluar mata pelajaran dilakukan dengan cara bersikap melalui pembiasaan 3S (Senyum, sapa, dan salam), Pembiasaan shalat dhuhur berjama’ah, Keikutertaan dalam kegiatan PHBI. (3) Metode pendidikan akhlak di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang terbagi menjadi 2 (dua) yakni: (a) terintegrasi dalam mata pelajaran yakni metode ceramah, tanya jawab dan praktek. (b) di luar mata pelajaran berupa metode pembiasaan dan metode keteladanan. (3) Evaluasi pendidikan akhlak di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang terbagi menjadi 2 (dua) yakni (a) terintegrasi dalam mata pelajaran yakni unjuk kerja dan tes tertulis. (b) di luar mata pelajaran berupa peningkatan kedisiplinan dengan melaksanakan tindakan konseling, melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan siswa.
Kata kunci: Implementasi Pendidikan Akhlak
16TS1651006.00 | TS P.PAI 16.006 ROH i | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain