BUKU
Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus
Dalam buku ini penulis membahas tentang konsep dasar anak berkebutuhan khusus dan pembelajaran adaptif, pendidikan inklusi, implementasi model pembelajaran anak tuna rungu dikelas inklusi, anak tunalaras dan variasinya, tuna daksa, pendidikan bagi anak penyandang autis, pendidikan anak berbakat, gangguan belajar, Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Penulis juga menjelaskan bahwa dibutuhkan peran orang tua serta guru sebagai pembimbing anak tersebut. Anak berkebutuhan khusus adalah mereka yang memiliki kebutuhan khusus secara permanen/kecacatan dan sementara sehingga membutuhkan layanan pendidikan. Dalam hambatan belajar yang dialami oleh setiap anak tersebut yaitu:
1. Faktor lingkungan
2. Faktor dalam diri anak sendiri
3. Kombinasi antara faktor lingkungan dan faktor dalam diri anak.
Dalam hal ini pendidikan itu harus sesuai memberikan layanannya berdasarkan hal tersebut.
Kelebihan dalam buku ini penulis mnyampaikan materi yang benar-benar dibutuhkan oleh pembaca karena berisi tentang bagaimana cara memahami dan mendidik anak yang berkebutuhan khusus. Setiap pembahasan dalam buku ini sangat rinci, mudah untuk difahami oleh pembaca, serta menjelaskan pengelompokan anak berkebutuhan khusus seperti yang tertera pada halaman 5 untuk memudahkan orang tua maupun guru mengerti dan memahami masalah anak tersebut. Dalam buku ini juga diperkuat dengan diberikan solusi untuk masalah anak tersebut, dengan menggunakan cara-cara yang baru seperti menggunakan gerakan fisik.
Kekurangan dalam buku ini yaitu penulis menggunakan bahasa yang tinggi sehingga sangat sulit difahami oleh kaum awam. Pengemasan kata yang kurang efektif sehingga menimbulkan kesan yang monoton, pembacapun merasa bosan. Sampulnya tidak berwarna cerah sehingga mengurangi minat bagi pembacanya.
Meskipun buku ini masih banyak kekurangan alangkah baiknya dibaca oleh orang tua dan guru karena menjelaskan bagaimana kriteria-kriteria anak yang berkebutuhan khusus tersebut, sehingga kita bisa memahaminya supaya tidak terjadi pemikiran yang aneh-aneh terhadap anak tersebut. Dalam buku ini pembaca diajak untuk menyadari dan memahami bahwa peran orang tua dan guru itu sangatlah penting bagi anak tersebut. Dalam proses perkembangan anak yang berkebutuhan khusus ini sangatlah tergantung pada orang tua dan lembaga pendidikan. Orang tua memberikan kasih sayang, motivasi, semangat, serta mengayomi anaknya, sedangkan lembaga pendidikan membantu cara perkembangan dalam hal belajar
16TD160427.00 | TD 371.9 SAN c | My Library (lantai 2, Tandon) | Tersedia |
16SR160427.01 | SR 371.9 SAN c C.1 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160427.02 | SR 371.9 SAN c C.2 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160427.04 | SR 371.9 SAN c C.4 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160427.05 | SR 371.9 SAN c C.5 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain