BUKU
Mendidik Anak Kreatif Ala Einstein
Dalam ajaran Islam anak merupakan anugerah dan amanat dari Allah SWT yang harus dididik dan dibina oleh orang tua. Salah satu pendidikan yang harus diberikan oleh orang tua kepada anak adalah pendidikan kreativitas. Pada dasarnya, setiap anak terlahir dengan membawa bakat. Akan tetapi jika bakat yang dimiliki anak tidak dibina, maka bakat anak akan terhenti dan akhirnya mati. Maka dari itu, sebagai orang tua kita harus mengenali hal-hal yang berhubungan dengan kreativitas, baik itu dari segi karakteristik, konsep-konsep kreativitas dan faktor penghambat pendorong kreativitas. Berdasarkan uraian diatas ditegaskan bahwa permasalahan yang diambil dalam buku Mendidik Anak Kreatif Ala Einstein karya Imam Musbikin adalah apa saja karakteristik anak kreatif, konsep- konsep yang digunakan dalam mendidik anak kreatif, dan apa saja pendorong penghambat kreativitas anak. Dari permasalahan diatas tujuan penelitian dari buku karya Imam Musbikin yaitu untuk mengidentifikasi karakteristik anak kreatif, konsep-konsep dalam mendidik anak kreatif dan pendorong penghambat anak kreatif. Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca, yaitu dapat memperluas pengetahuan pembaca tentang anak kreatif khususnya para orang tua.sedangkan metode dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi dengan cara menelaah buku primer karya Imam Musbikin. Penelitian ini menemukan 3 aspek yang berhubungan dengan kreativitas, yaitu karakteristik anak kreatif, konsep dalam mendidik anak kreatif, pendorong kreativitas anak dan penghambat anak kreatif. Karakteristik anak kreatif meliputi anak kreatif memiliki rasa ingin tahu tinggi yang terlihat pada kebiasaan mereka yang sering sekali bertanya, anak kreatif juga memiliki ketekunan dalam mengerjakan tugasnya, mereka juga senang sekali protes apabila menemukan sesuatu yang meragukan. Sedangkan konsep dalam mendidik anak kreatif adalah memberikan permainan yang bisa merangsang kreativitas, membacakan dongeng kepada mereka agar hubungan antara orang tua dan anak berjalan harmonis, mengajarkan nilai-nilai kebaikan agar anak berakhlak mulia, mengajarkan membaca dan menulis agar banyak mendapat tambahan ilmu, memperdengarkan musik-musik instrumental. Sedangkan, hal-hal yang bisa mendorong kreativitas anak meliputi komunikasi orang tua dan anak berjalan baik karena sesungguhnya orang yang paling dekat dengan anak adalah orang tua, kabulkanlah semua keinginan mereka yang baik-baik agar imajinasi mereka tersalurkan, buatlah lingkungan anak senyaman mungkin agar anak merasa tenang dalam berkreasi, tidak memaksakan kehendak kepada anak agar tidak merasa terkekang. Sedangkan faktor penghambat anak kreatif diantaranya sikap orang tua yang terlalu disiplin kepada anak sehingga anak tidak bisa berekspresi, penyakit cacar karena bisa mengurangi rasa percaya diri karena bekas penyakit cacar, merokok karena dapat mengurangi intelegensi anak, tidak mendapat air susu ibu sehingga cara bergaulnya kurang luwes, dan pelukan dari orang tua kepada anak sehingga membuat anak merasa terlindungi.
16TD160429.00 | TD 371 MUS m | My Library (lantai 2, Tandon) | Tersedia |
16SR160429.01 | SR 371 MUS m C.1 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160429.02 | SR 371 MUS m C.2 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160429.03 | SR 371 MUS m C.3 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160429.04 | SR 371 MUS m C.4 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain