BUKU
Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 menekankan penerapan pendekatan ilmiah atau scientific approach pada proses pembelajaran. Pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud dalam Permendikbud no 81A tahun 2013 meliputi; mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi, mengomunikasikan. Proses pembelajaran harus menyentuh tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Suatu pendekatan berpikir dan berbuat yang diawali dengan mengamati dan menanya sampai kemudian mereka berupaya untuk mencoba, mengolah, menyaji, menalar, dan akhirnya mencipta. Itulah mengapa pendekatan Saintifik ini akan bermuara kepada tingkatan mencipta yang tentunya terdapat unsure kreativitas di dalamnya. Proses pembelajaran Saintifik merupakan perpaduan antara proses pembelajaran yang semula terfokus pada eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi dilengkapi dengan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Meskipun ada yang mengembangkan lagi menjadi mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengolah data, mengkomunikasikan, menginovasi dan mencipta. Hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik (soft skills)dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
BAB 1. KONSEP KURIKULUM 2013
1. Pendahuluan
2. Prinsip pengembangan kurikulum
3. Kerangka implementasi kurikulum 2013
4. Penyediaan buku
5. Indikator keberhasilan implementasi kurikulum 2013
6. Permendikbud nomer 81A tahun 2013 tentang implementasi kurikulum
7. Empat betas prinsip pembelajaran kurikulum, 2013
8. Contoh model pembelajaran kurikulum 2013
BAB 2. STRATEGI PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013
1. Pembelajaran berbasis proyek
2. Pembelajaran berbasis masalah
3. Model pembelajaran kooperatif
4. Pembelajaran kooperatif Think Pair Share
5. Pembelajaran mikro
BAB 3. KONSEP PEMBELAJARAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013
1. Pendahuluan
2. Tujuan pembelajaran dengan pendekatan saintifik
3. Prinsip prinsip pembelajaran dengan pendekatan saintifik
4. Langkah langkah umum pembelajaran dengan pendekatan saintifik
BAB 4. CONTOH PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2013
1. Pendahuluan
2. Prinsip penyusunan RPP kurikulum 2013
3. Contoh RPP
BAB 5. SISTEM PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013
1. Pendahuluan
2. Konsep Penilaian Otentik
3. Jenis penilaian autentik
4. Penilaian Proyek
5. Penilaian Portofolio
6. Pelaksanaan Penilaian Autentik
16TD160361.00 | TD 371.3028 DAR p | My Library (lantai 2, Tandon) | Tersedia |
16SR160361.02 | SR 371.3028 DAR p C.2 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160361.03 | SR 371.3028 DAR p C.3 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160361.04 | SR 371.3028 DAR p C.4 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160361.05 | SR 371.3028 DAR p C.5 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160361.06 | SR 371.3028 DAR p C.6 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain