BUKU
Metode Penelitian Pendidikan Islam : Pengembangan Ilmu Berparadigma Islami
Tugas akhir mahasiswa Pendidikan Islam adalah menulis skripsi. Dalam penulisan skripsi metode penelitian. Pasalnya, metode penelitian yang dilakukan harus dapat diartikan sebagai suatu usaha pencarian kebenaran terhadap informasi, fakta atau gejala dengan cara ilmiah untuk memecahkan masalah atau mengembangkan ilmu pengetahuan.
Dalam praktik, kebanyakan mahasiswa melakukan langkah yang kurang tepat. Sehingga, kebingungan dalam metode penelitian yang dilakukannya. Misalnya saja, dalam penetapan judul penelitian yang diajukan. Kebanyakan mahasiswa menghadirkan judul penelitian saja tanpa memperhatikan masalah dan karakter data penelitian.
Semestinya, tentukan masalah dan karakteristik data penelitian terlebih dahulu sebelum menetapkan judul penelitian. Terlebih lagi, jika penilitian yang dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif, umumnya masalah sudah jelas. Namun, kebiasaan bagi peneliti pemula (mahasiswa) cenderung memilih topik atau judul terlebih dahulu, karena kurangnya pemahaman untuk mengindentifikasi masalah. Jelas saja, langkah ini bertentangan dengan prinsip ilmiah. Karena sarjana adalah intelektual yang mampu menyelesaikan masalah kehidupan secara ilmiah. Makanya, penelitian mesti dimulai dengan masalah yang muncul sehari-hari.
Adalah buku “Metode Penilitian Pendidikan Islam: Pengembangan Ilmu Berparadigma Islami” yang ditulis oleh Dr. H. Amri Darwis ini memberi pencerahan terhadap para mahasiswa saat akan dan sedang melakukan penelitian. Apa yang dituliskannya berdasarkan pengalamannya menjadi dosen pembimbing skripsi. Sehingga di dalam buku ini, penulis menjelaskan di mana letak kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan oleh para mahasiswa dalam melakukan penelitian.
Buku ini dibagi penulis menjadi delapan bab. Yaitu, Paradigma penelitian pendidikan Islam; memulai proses penelitian; studi kepustakaan atau kajian teori; pemilihan metode penelitian; penyajian hasil penelitian; analias data penelitian kualitatif; kesimpulan, implikasi dan saran; teknik penulisan.
Ketika membaca buku ini, para mahasiswa nantinya bakal diberikan pemahaman secara detail perbedaan tiga jenis metodologi penelitian. Yaitu, penelitian pendekatan kuantatif, penelitian pendekatan kualitatif, dan penelitan dengan menggunakan metode kombinasi. Masing-masing pendekatan penelitian dijelaskan seperti apa spesifikasinya. Sehingga, ketika mahasiswa atau peneliti memilih salah satu metode tersebut akan mengetahui gambaran umum dari penelitian yang dilakukannya.
Satu hal yang paling menarik dari buku ini adalah, ketika penulis menampilkan bentuk-bentuk penelitian yang salah dan kerap dilakukan oleh mahasiswa. Umumnya, yang paling banyak kesalahan dilakukan mahasiswa adalah saat mengajukan judul penelitiannya. Karena judul penelitian memiliki lima kriteria. Yaitu, tidak boleh memiliki kata ganda atau jamak; aktual dan menarik; ada konsep teoritiknya; bisa/mamou diteliti, diukur, dijawab persoalannya, dan jelas variabelnya
16TD160336.00 | TD 2X7.3072 DAR m | My Library (lantai 2, Tandon) | Tersedia |
16SR160336.01 | SR 2X7.3072 DAR m C.1 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160336.02 | SR 2X7.3072 DAR m C.2 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160336.03 | SR 2X7.3072 DAR m C.3 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160336.04 | SR 2X7.3072 DAR m C.4 | My Library (Perpustakaan Pusat di Rowolaku) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain