BUKU
Ilmu Pendidikan Islam : Studi Kasus Terhadap Struktur Ilmu, Kurikulum, Metodologi dan Kelembagaan Pendidikan Islam
pendidikan Islam sendiri miliki keterkaitan yang erat dengan pelbagai disiplin ilmu, misalnya; visi, misi, dan tujuan pendidikan Islam erat kaitanya dengan filsafat; metodologi pengajaran erat kaitanya dengan psikologi dan kebudayaan; kurikulumya erat dengan filsafat dan iptek; aspek pengelolanya erat kaitannya dengan ilmu manajemen; aspek sarana-prasarana dan pembiayaan erat kaitannya dengan ilmu ekonomi dan politik; aspek hubungan antara pendidikan dengan peserta erat kaitannya dengan ilmu sosiologi dan psikologi, dan seterusnya.
Tujuan ilmu pendidikan Islam yang dikemukakan penulis dipaparkan sebagai berikut:
1. Pertama, melakukan pembuktian terhadap teori-teori kependidikan Islam yang merangkum aspirasi atau cta-cita Islam yang harus diikhtiarkan agar menjadi kenyataan.
2. Kedua, memberikan bahan informsi tentang pelaksanaan pendidikan dalam segala aspeknya bagi pengembangan pendidikan agama Islam.
3. Ketiga, menjadi korektor bagi kekurangan teori-teori yang dipegangi oleh pendidikan agama Islam.
endidikan Islam, sebagai bagian dari pendidikan pada umumnya, diharapkan dapat ikut menyelesaikan permasalahan tersebut di atas dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai normatif perenialis tersebut ke dalam konsep dan praktik pendidikan Islam.
16TD160250.00 | TD 2X7.3 MUL i | My Library (lantai 2, Tandon) | Tersedia |
16SR160250.01 | SR 2X7.3 MUL i C.1 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160250.02 | SR 2X7.3 MUL i C.2 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
16SR160250.03 | SR 2X7.3 MUL i C.3 | My Library (Lantai 2, Sirkulasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain