SKRIPSI PAI
Peran Pondok Pesantren Miftahul Huda Dalam Pembinaan Akhlak Remaja Desa Pesantren Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Pondok Pesantren Miftahul Huda merupakan lembaga pendidikan Islam yang
memiliki peranan yang strategis dalam membina akhlak dan moral bangsa dan
Negara khususnya di Desa Pesantunan Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan. Karena
pendidikan akhlak merupakan jiwa dari pendidikan Islam itu sendiri. Dan untuk
mencapai akhlak yang sempurna juga merupakan tujuan yang sebenarnya dari
pendidikan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran pondok
pesantren Miftahul Huda dalam pembinaan akhlak remaja di Desa Pesantunan Kec.
Kedungwuni Kab. Pekalongan? Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan
menghambat proses pembinaan akhlak remaja di Desa Pesantunan Kec. Kedungwuni
Kab. Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran pondok
pesantren Miftahul Huda dalam pembinaan akhlak remaja di Desa Pesantunan Kec.
Kedungwuni kab. Pekalongan. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung
dan menghambat proses pembinaan akhlak remaja di Desa Pesantunan Kec.
Kedungwuni Kab. Pekalongan. Kegunaan penelitiaan secara teoritis dalam
penelitian ini adalah hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan,
informasi dan sekaligus referensi yang berupa bacaan ilmiah. Sedangkan kegunaan
secara praktis adalah Untuk memberikan gambaran tentang peran pondok pesantren
Miftahul Huda dalam pembinaan akhlak remaja di desa Pesantunan Kec.
Kedungwuni Kab. Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber primer
penelitian ini adalah Pengasuh pondok pesantren Miftahul Huda Pesantunan dan
Ustadz pondok pesantren Miftahul Huda Pesantunan. Sedangkan sumber data
sekunder dalam penelitian ini adalah sumber-sumber data lain, buku-buku pustaka,
dan literatur-literatur yang berhubungan dengan penelitian. Metode pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode
dokumentasi, dan metode wawancara (interview). Sedangkan metode analisis data
dalam penelitian ini adalah teknik analisis diskriptif kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa peran pondok pesantren Miftahul Huda desa Pesantunan Kec.
Kedungwuni Kab. Pekalongan sebagaimana diungkapkan oleh ust. Muhajirin dan
ustadz Fakkhruddin sebagai berikut; 1) Peranan sebagai instrumental, Peran
pesantren Miftahul sebagai instrumental maksudnya pondok pesantren Miftahul
Huda merupakan alat atau wadah pembinaan akhlak remaja di desa Pesantunan. 2)
Peranan sebagai fasilitator, Peran pesantren Miftahul Huda sebagai fasilitaator
artinya pesantren Miftahul Huda berperan sebagai lembaga pemberi kesempatan
kepada remaja desa Pesantunan untuk dibina akhlaknya. 3) Peranan sebagai
mobilisator. Peran pesantren Miftahul Huda sebagai mobilisator artinya pondok
pesantren Miftahul Huda berperan sebagai penggerak para remaja dan masyarakat
15SK1521453.00 | SK PAI 15.453 KHA p | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain