SKRIPSI PAI
Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Orang Tua Terhadap Perilaku Siswa di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Pekalongan
Guru merupakan unsur manusiawi dalam pendidikan. Guru adalah figur
manusia sumber yang menempati posisi dan memegang peranan penting dalam
pendidikan. Ketika seseorang mempersoalkan masalah dunia pendidikan, figur guru
mesti terlibat dalam agenda pembicaraa, terutama yang menyangkut persoalan
pendidikan formal di sekolah. hal ini tidak dapat di sangkal, karena lembaga
pendidikan formal adalah dunia kehidupan guru. Sedangkan dalam sebuah keluarga
orang tua merupakan pendidik yang pertama dan utama, keluarga adalah sumber
kepribadian seseorang. Di dalam keluarga dapat ditemukan berbagai elemen dasar
yang membentuk kepribadian seseorang. Salah satu factor yang menentukan prestasi
belajar siswa adalah komunikasi orangtua siswa dengan guru. Dengan adanya
hubungan baik antara orang tua dengan guru akan melahirkan komunikasi yang baik
pula yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Demikian pula
sebaliknya jika hubungan antara orang tua siswa dengan guru kurang baik atau jelek
maka akan terjadi jarak antara orangtua siswa dengan guru sehingga orang tua
enggan untuk bertanya yang pada akhirnya akan berimbas kepada prestasi belajar
siswa menjadi buruk.
Berangkat dari latar belakang diatas, maka penulis merumuskan permasalahn
sebagai berikut : 1). Bagaiman komunikasi guru dengan orang tua siswa di MI Walisongo
Kranji 01 Kedungwuni Pekalongan? 2). Bagaimana Prilaku Siswa di MI Walisongo Kranji 01
Kedungwuni Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini 1). Untuk mengetahui komunikasi
guru dengan orang tua siswa di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Pekalongan. 2). Untuk
mengetahui prilaku siswa di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Pekalongan.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang termasuk dalam
jenis penelitian lapangan. Dalam penelitian ini mengambil sampel sebanyak 34 anak untuk
dijadikan subjek penelitian. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan
sumber data sekunder. Adapun pengumpulan datanya yaitu dengan metode angket,
observasi, wawancara dan dokumen. Dan metode analisnya dengan menggunakan analisis
statistik dengan teknik korelasi product moment yang dirumuskan sebagai berikut :
N.∑xy – (∑x) (∑y)
r
xy
=
______________________________________________
√ {(N.∑x
2
)-(∑x)
2
}{(N.∑y
2
)- (∑y
2
)}
Setelah dilakukan analisis dari seluruh penelitian, maka dapat disimpulkan
bahwa pengaruh komunikasi guru dengan orang tua terhadap perilaku anak di MI
Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Pekalongan masuk dalam katagori sangat kuat,
dengan hasil perhitungan r
xy
= 0,96 yang terletak pada interval 0,91 – 1,00
15SK1521391.00 | SK PAI 15.391 HAM p | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain