SKRIPSI PBA
Efektivitas Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab (Studi Kasus Siswa Kelas 3 MSI 01 Kauman Pekalongan)
Media visual merupakan salah satu media yang mengandalkan indra
penglihatan (mata) pada saat terjadi proses belajar mengajar dimana siswa
diharapkan lebih mudah dalam memahami atau mengingat tentang materi
kosakata bahasa arab yang di ajarkan oleh guru. Media visual yang berupa gambar
sangat mudah, praktis, mudah didapat, dan harganya murah.Pembelajaran
kosakata bahasa Arab di Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah 01 Kauman Pekalongan,
guru pengampu terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan penguasaan
kosakata bahasa arab kepada siswa dengan harapan siswa mempunyai
kemampuan atau keterampilan berbahasa yang baik. Melalui penggunaan media
visual tersebut diharapkan dapat menumbuhkan semangat peserta didik dan
memberikan pemahaman kosakata Bahasa Arab dengan hasil yang maksimal pada
siswa kelas 3 Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah 01 Kauman Pekalongan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan
sebagai berikut : Bagaimana penggunaan media visual dalam bahasa Arab di
kelas 3 Madrasah Salafiyah ibtidaiyah 01 Kauman Pekalongan?, Bagaimana
pembelajaran Kosakata Bahasa Arab dikelas 3 Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah 01
Kauman Pekalongan?, Bagaimana efektivitas penggunaan media visual dalam
pembelajaran Kosakata Bahasa Arab?.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research).
Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuanlitatif.Adapun
metode pengumpul data yang digunakan adalah : metode angket, wawancara,
observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan penulis menyatakan bahwa
penggunaan media visual efektif dalam pembelajaran kosakata bahasa arab siswa
kelas 3 MSI 01 Kauman Pekalongan. Hal ini dibuktikan dengan adanya korelasi
positif yang cukup kuat antara penggunaan media visual ( variable x ) dengan
pembelajaran kosakata bahasa arab siswa kelas 3 ( variable y ) karena nilai r
xy
sebesar 0,632 terletak pada interval 0,41-0,70 yang berarti antara variable x dan y
terdapat korelasi yang cukup kuat. Selain itu r
h
= 0,632 lebih besar pada Ts 5%
maupun 1% yang berarti bahwa terdapat keefektivan antara penggunaan media
visual dengan pembelajaran kosakata bahasa arab siswa kelas 3 MSI 01 Kauman
Pekalongan.
15SK152248.00 | SK PBA 15.048 AZA e | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain