SKRIPSI PAI
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Tahfizul Qur'an Melalui Metode Fahim Qur'an di TKIT Insan Mulia Tanjung Kulon Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan
Ada masalah minat anak-anak terhadap taḥfīẓul qur an di TKIT Insan
Mulia Tanjung Kulon Kecamatna Kajen Kabupaten Pekalongan yang rendah.
Karena pembelajarannya masih konvensional oleh karena itu untuk melakukan
perbaikan dan penyempurnaan pembelajaran taḥfīẓul qur an pada siswa TKIT
Insan Mulia Tanjung Kulon Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan maka
diterapkan metode fahim qur an. Metode ini diberi nama fahim qur an, dalam
bahasa arab berarti orang yang memahami Quran ini sesuai dengan tujuan
penemunya yang ingin memberi sumbangsih dalam menciptakan manusia yang
mengerti Quran. Fahim qur an juga merupakan singkatan dari Fast, Active,
Happy, Integrade in Memorizing the Qur an, yang berarti: Menghafal Quran
Dengan Cepat, Aktif, Senang dan Integral . Sesuai dengan nama dan
singkatannya, fahim qur an mempunyai ciri khas utama, yakni menggunakan
simulasi games dan permainan dalam prosesnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana capaian
perkembangan taḥfīẓul qur an sebelum menggunakan metode fahim qur an di
TKIT Insan Mulia Tanjung Kulon Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan?
bagaimana capaian perkembangan taḥfīẓul quran sesudah menggunakan metode
fahim qur an di TKIT Insan Mulia Tanjung Kulon Kecamatan Kajen Kabupaten
Pekalongan? apakah metode fahim qur an dapat meningkatkan pembelajaran
taḥfīẓul qur an di TKIT Insan Mulia Tanjung Kulon Kecamatan Kajen Kabupaten
Pekalongan?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan capaian
perkembangan taḥfīẓul qur an sebelum menggunakan metode fahim qur an di
TKIT Insan Mulia Tanjung Kulon Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan,
untuk mendeskripsikan capaian perkembangan taḥfīẓul qur an sesudah
menggunakan metode fahim qur an di TKIT Insan Mulia Tanjung Kulon
Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan, untuk mendeskripsikan apakah metode
fahim qur an dapat meningkatkan pembelajaran taḥfīẓul qur an di TKIT Insan
Mulia Tanjung Kulon Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Kegunaan
penelitian ini berguna untuk memberikan masukan kepada guru di TKIT Insan
Mulia Tanjung Kulon Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan bahwa
penggunaan metode fahim qur an menjadi salah satu alternatif bagi guru dalam
rangka peningkatan pembelajaran taḥfīẓul qur an yang merupakan salah satu
ketrampilan yang harus dimiliki siswa.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode
pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, dokumentasi, dan hasil
tes/evaluasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
dengan menggunakan rumus prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Capaian perkembangan
taḥfīẓul qur an sebelum menggunakan metode fahim qur an di TKIT Insan Mulia
Tanjung Kulon Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan pada tanggal 5 Mei
2014 dapat dilihat bahwa diperoleh nilai prosentase dengan kategori Belum
Muncul (BM) sebesar 0 %, Mulai Muncul (MM) sebesar 100 %, Berkembang
Sesuai Harapan (BSH) sebesar 0 % dan Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 0
%. Kedua, Capaian perkembangan taḥfīẓul qur an sesudah menggunakan metode
fahim qur an di TKIT Insan Mulia Tanjung Kulon Kecamatan Kajen Kabupaten
Pekalongan pada siklus I diperoleh prosentase Belum Muncul (BM) sebesar 0 %,
Mulai Muncul (MM) sebesar 80,65 %, Berkembang Sesuai Harapan (BSH)
sebesar 19,35 %, dan Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 0 %. Pada siklus II
diperoleh prosentase Belum Muncul (BM) sebesar 0 %, Mulai Muncul (MM)
sebesar 38,71 %, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebesar 61,29 %, dan
Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 0 %. Pada siklus III diperoleh prosentase
Belum Muncul (BM) sebesar 0 %, Mulai Muncul (MM) sebesar 0 %,
Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebesar 100 % dan Berkembang Sangat Baik
(BSB) sebesar 0 %. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran
taḥfīẓul qur an melalui metode fahim qur an di TKIT Insan Mulia Tanjung Kulon
Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan telah berhasil. Ketiga, Dengan demikian
metode fahim qur an dapat meningkatkan pembelajaran taḥfīẓul qur an di TKIT
Insan Mulia Tanjung Kulon Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan dibuktikan
dengan perolehan Nilai prosentase pada siklus III Berkembang Sesuai Harapan
(BSH) sebesar 100 %.
15SK1521408.00 | SK PAI 15.408 HID u | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain