SKRIPSI PAI
Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak (Materi Pokok Asmaul Husna Pada Siswa Kelas IIIc) di MSI 01 Kauman Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015
Metode Make a Match bisa diterapkan untuk semua mata pelajaran dan
tingkatan kelas. Siswa mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik
tertentu dalam suasana yang menyenangkan.Ini adalah strategi yang cukup
menyenangkan yang digunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan
sebelumnya. Namun demikian, materi baru pun tetap bisa diajarkan dengan strategi
ini dengan catatan, peserta didik diberi tugas mempelajari topic yang akan diajarkan
terlebih dahulu, sehingga ketika masuk kelas mereka sudah memiliki bekal
pengetahuan. Salah satu keunggulan teknik ini adalah siswa mencari pasangan
sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik, dalam suasana yang
menyenangkan.Penerapan pembelajaran dengan metode Make a Match (Mencari
Pasangan) sangat diperlukan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak, karena metode
pembelajaran ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dan membuat proses
belajar mengajar menjadi lebih efektif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode
Make a Match efektif dalam meningkatkan prestasi belajar aqidah akhlak pada
materi pokok Asmaul Husna di kelas IIIC MSI 01 Kauman Pekalongan?Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode make a match efektif
dalam meningkatkan prestasi belajar aqidah akhlak pada materi pokok Asmaul
Husna di kelas IIIC MSI 01 Kauman Pekalongan. Kegunaan penelitian secara teoritis
sebagai bahan komparatif dari beberapa strategi pembelajaran yang ada, mana yang
lebih efektif dan sesuai dengan kondisi zaman.Kegunaan secara praktis yaitu sebagai
bahan masukan bagi lembaga pendidikan untuk menciptakan lingkungan belajar
yang baik di sekolah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research), karena
penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas.Penelitian ini
menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart, yaitu berbentuk
spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya.Setiap siklus meliputi planning
(rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya untuk meningkatkan prestasi
belajar aqidah akhlak pada materi pokok asmaul husna di kelas IIIC MSI 01 Kauman
Pekalongan yang dilakukan dengan menggunakan metode make a Match cukup
berhasil. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik pada pra
siklus (sebelum dilakukan penelitian dengan menggunakan metode make a match)
masih belum mencapai KKM yaitu 64,58 dengan ketuntasan klasikal 52,78%,
kemudian pada siklus I hasil belajar meningkat yaitu 68,47. Namun ketuntasan
klasikal belum mencapai indicator keberhasilan yaitu 69,44%. Sedangkan indicator
yang diterapkan adalah 75%. Pada siklus II hasil belajar peserta didik semakin
meningkat yaitu 72,78 dengan ketuntasan klasikal 83,33%. Sehingga dapat
viii
disimpulkan bahwa metode make a match dapat meningkatkan prestasi belajar
Aqidah Akhlak materi pokok Asmaul Husna pada kelas IIIC MSI 01 Kauman
Pekalongan tahun pelajaran 2014/ 2015
15SK1521349.00 | SK PAI 15.349 MAS p | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain