SKRIPSI PAI
Hubungan Umpan Balik Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 9 Batang
Kegiatan umpan balik merupakan sebuah proses di kelas yang menjadi
daya tarik tersendiri bagi guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Batang.
Melalui cara umpan balik guru dapat mengetahui sejauh mana materi yang
disampaikan dapat dikuasai siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang
dilakukannya. Guru harus mampu menggunakan prosedur umpan balik yang baik
karena cara ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswanya. Proses belajar
mengajar di kelas selalu menuntut adanya motivasi dalam diri setiap siswa.
Motivasi belajar dapat mempengaruhi kemampuan siswa terutama dalam kualitas
pengajaran yang dilakukan oleh guru sebagai pemberi arahan pada kegiatan
belajar. Karena perilaku atau kegiatan setiap siswa selalu terarah terhadap sesuatu
dan didorong oleh suatu kekuatan atau motivasi untuk mencapai tujuan belajar
yang diharapkan.
Dalam penelitian ini peneliti memaparkan tiga permasalahan yaitu
Bagaimana umpan balik yang dilaksanakan guru Pendidikan Agama Islam pada
siswa SMP Negeri 9 Batang?, Bagaimana motivasi belajar siswa SMP Negeri 9
Batang?, Adakah hubungan umpan balik dengan motivasi belajar Pendidikan
Agama Islam siswa SMP Negeri 9 Batang?. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah Untuk mengetahui umpan balik, motivasi belajar Pendidikan Agama Islam
siswa SMP Negeri 9 Batang, dan hubungan umpan balik dengan motivasi belajar
Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 9 Batang.
ix
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan
(field research) karena peneliti terjun langsung ke lokasi yang dijadikan objek
penelitian yaitu SMP Negeri 9 Batang. Teknik pengumpulan data yang peneliti
gunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Jenis analisis
datanya adalah analisis product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa umpan balik di SMP Negeri 9
Batang termasuk dalam kategori baik, karena nilai rata-rata angket sebesar 49
yang berada pada interval 49-52. Sedangkan motivasi belajar Pendidikan Agama
Islam siswa SMP Negeri 9 Batang termasuk dalam kategori sedang, karena nilai
rata-rata angket sebesar 47 yang berada pada interval ketentuan penilaian 46-49.
Hal ini menunjukkan bahwa umpan balik dengan motivasi belajar Pendidikan
Agama Islam siswa di SMP Negeri 9 Batang terdapat korelasi positif yang kuat.
Hal ini dapat dibuktikan dari interpretasi terhadap nilai indeks korelasi
xy
r
data
hasil skala. Pada interpretasi
688 , 0
xy
r
berada antara 0,60 – 0,79. Hal ini berarti
antara umpan balik dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP
Negeri 9 Batang terdapat korelasi positif yang signifikan. Adapun untuk taraf
signifikan 5% didapat = 0,254 dan untuk taraf signifikan 1% di dapat 0,330.
Dengan demikian
xy
r
> pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Hal ini berarti
terdapat korelasi positif yang signifikan antara umpan balik dengan motivasi
belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 9 Batang baik pada taraf
signifikan 5% maupun 1%. Maka, ditolak diterima. Sedangkan Pada taraf
signifikan 1% = 0,330 berarti
xy
r
> , maka ditolak diterima.
Berdasarkan hipotesis yang diajukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
korelasi positif yang signifikan antara variabel X (umpan balik) dengan variabel Y
(motivasi belajar PAI siswa). Artinya bahwa umpan balik memiliki korelasi
positif yang signifikan dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa
SMP Negeri 9 Batang. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima
15SK1521346.00 | SK PAI 15.346 MUS h | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain