SKRIPSI PAI
Hubungan Profesionalitas Guru Dalam Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar Siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang
Keberhasilan dalam bidang pendidikan dan pengajaran dapat dilihat dari
prestasi belajar siswa. Prestasi belajar yang dicapai siswa dipengaruhi banyak hal.
Di samping dipengaruhi faktor yang berasal dari dalam diri individu seperti:
faktor kematangan, kecerdasan, latihan, motivasi dan lain-lain, juga dipengaruhi
oleh faktor yang berasal dari luar individu seperti: faktor keluarga, guru dan cara
mengajarnya, alat-alat yang digunakan dalam belajar mengajar, lingkungan dan
kesempatan yang tersedia dan sebagainya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana profesionalitas
guru dalam pembelajaran di MI Salafiyah Beji Tulis Batang? Bagaimana prestasi
belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang? Bagaimana hubungan
profesionalitas guru dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa di MI
Salafiyah Beji Tulis Batang?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan
profesionalitas guru dalam pembelajaran di MI Salafiyah Beji Tulis Batang, untuk
mendeskripsikan prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang, untuk
mendeskripsikan hubungan profesionalitas guru dalam pembelajaran dengan
prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang. Kegunaan penelitian
adalah sebagai bahan masukan bagi instansi terkait mengenai hambatan-hambatan
dan kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya di MI
Salafiyah Beji Tulis Batang.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode
pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket dan dokumentasi.
Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus korelasi product
moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Profesionalitas guru dalam
pembelajaran di MI Salafiyah Beji Tulis Batang adalah sangat baik. Kedua,
Prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang adalah baik. Ketiga, Ada
hubungan yang cukup signifikan antara hubungan profesionalitas guru dalam
pembelajaran dengan prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang.
Setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa nilai
xy
r
sebesar 0,466, dalam
pedoman interpretasi nilai r terletak pada interval 0,410 – 0,700, sehingga dapat
disimpulkan bahwa antar variabel yang dikorelasikan terdapat hubungan positif
yang cukup atau sedang. Peneliti menguji hasil penelitian tersebut pada taraf
kesalahan 5 % dan 1%. Pada tingkat kesalahan 5 %
t
r
= 0,279, berarti 0,466 >
0,355, r
xy
>
t
r
, maka
o
H
ditolak,
a
H
diterima. Pada tingkat kesalahan 1 %
t
r
=
0,361, berarti 0,466 > 0,361 r
xy
>
t
r
, maka
o
H
ditolak,
a
H
diterima. Jadi dapat
disimpulkan bahwa baik penghitungan pada tingkat kesalahan 5 % dan 1 %
memiliki interpretasi sama yakni antara profesionalitas guru dalam pembelajaran
dengan prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Beji Tulis Batang terdapat
hubungan positif yang signifikan. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan
dapat diterima kebenarannya
15SK1521359.00 | SK PAI 15.359 RIY h | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain