SKRIPSI PAI
Kinerja Pengawas Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
Profesi pada dasarnya adalah pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang
dengan persyaratan-persyaratan tertentu. Oleh sebab itu acuannya adalah tugas
pokok dan kegiatan. Untuk pengawas pendidikan agama profesi yang digelutinya
adalah sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kebijaksanaan teknis
lainnya yang telah ditetapkan. Keadaan pengawas pada saat ini, nampaknya sudah
cukup baik, akan tetapi masih terbuka kemungkinan-kemungkinan untuk lebih
ditingkatkan lagi.
Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengangkat judul Kinerja Pengawas
Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Buaran
Kabupaten Pekalongan , dengan rumusan masalah: Bagaimana kemampuan
profesional dalam bidang teknis pendidikan/akademik Pengawas Kecamatan
Buaran Kabupaten Pekalongan?, Bagaimana pencapaian kualitas Guru Madrasah
Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?, Bagaimana kinerja
Pengawas dalam meningkatkan kualitas Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di
Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena peneliti berminat
menganalisis tentang kinerja Pengawas dalam meningkatkan kualitas Madrasah
Ibtidaiyah Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis data di lapangan model Miles and Huberman.
Analisis dalam penelitian ini dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung,
dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu.
Hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat diketahui bahwa Kemampuan
profesional dalam bidang teknis pendidikan/akademik Pengawas Kecamatan
Buaran Kabupaten Pekalongan sudah baik. Secara umum kualitas guru MI di
Buaran sudah baik. Mulai dari sisi akhlak, kedisiplinan, cara mengajar, cara
menilai peserta didik, telaten dalam mengajar, kelengkapan administrasi, dan
sebagainya. Kinerja Pengawas dalam Meningkatkan Kualitas Guru Madrasah
Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan sudah baik, karena
dilihat dari berbagai aspek antara lain: melaksanakan KKMI, melaksanakan
supervisi secara berkala ke MI, melaksanakan bimbingan secara individual,
melaksanakan penilaian kepada guru, mengikuti workshop/penataran, sosialisasi
workshop/penataran, supervisi kelas, dan mengadakan rapat Pokjawas Kab.
Pekalongan.
15SK1521395.00 | SK PAI 15.395 AMI k | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain