SKRIPSI PAI
Peran Boarding School Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa di SDIT BIAS ASSALAM Kota Tegal
Kegagalan pendidikan di Indonesia disebabkan karena secara realita
pendidikan nasional hanya menonjolkan pada kemampuan kecerdasan berpikir
saja, dan mengesampingkan kecerdasan emosional. Padahal pendidikan pada
esensinya merupakan sebuah upaya membangun kecerdasan manusia, baik
kecerdasan kognitif, psikomotorik maupun afektif. Oleh karena itu, Indonesia
perlu menghasilkan generasi-generasi muda yang mempunyai karakter unggul,
sehingga dibutuhkan sekolah yang menanamkan pendidikan karakter. SDIT BIAS
Assalam Tegal merupakan salah satu sekolah di Tegal yang menanamkan
pendidikan karakter dengan bersistem boarding school.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem
pembelajaran boarding school di SDIT BIAS Assalam Kota Tegal dan bagaimana
peran boarding school itu sendiri dalam mengembangkan pendidikan karakter
siswa di SDIT BIAS Assalam Kota Tegal. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan sistem pembelajaran boarding school, dan mendeskripsikan
peran boarding school dalam mengembangkan pendidikan karakter.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan
pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam
penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina boarding school, guru wali kelas V,
dan santri kelas V SDIT BIAS Assalam Kota Tegal. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam
menganalisis data penulis menggunakan analisis data induktif (Miles and
Huberman).
Hasil penelitian ini bahwa sistem pembelajaran boarding school di SDIT
BIAS Assalam ini menggabungkan sistem pondok pesantren modern dan salaf,
dengan menggabungkan kurikulum standar nasional, DEPAG, dan kurikulum
khas boarding school SDIT BIAS Assalam. Program pembelajaran boarding
school ini, selain menekankan ilmu-ilmu keagamaan juga memperhatikan materi-materi dasar keilmuan, seperti matematika, bahasa Indonesia, dan IPA. Selain itu
juga lebih menekankan pada penanaman nilai-nilai pendidikan karakter. Peran
boarding school dalam mengembangkan pendidikan karakter santri, yaitu sebagai
wadah dalam menanamkan, membiasakaan, mengaplikasikan, dan mengevaluasi
nilai-nilai pendidikan karakter santri. Bentuk implementasi materi yang
didapatkan di boarding school, salah satunya dalam kegiatan home stay, yaitu
praktik kunjungan lapangan yang dilakukan oleh santri dengan di tempatkan
dibeberapa rumah penduduk untuk mengamati dan menumbuh kembangkan
semangat religius pada diri santri dan lingkungan dengan bimbingan dan
pengawasan penuh dari ustadz/ustadzah madrasah diniyah taklimiyah (MDT).
15SK1521401.00 | SK PAI 15.401 ARY p | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain