SKRIPSI PAI
Peranan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang Tahun 2013/2014
Perkembangan dan kemajuan pendidikan menuntut seorang guru untuk
selalu meningkatkan kompetensinya. Tenaga pendidik yang kurang berkompeten
terkadang masih sering terjadi, khususnya di sekolah-sekolah swasta masih
terdapat guru yang belum memiliki kompetensi terutama kompetensi pedagogik
yang berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran. Kepala madrasah sebagai
pemimpin dalam lembaga pendidikan memiliki peran dalam meningkatkan
kompetensi guru.
Dalam penelitian ini penulis mengajukan permasalahan tentang bagaimana
kepemimpinan kepala madrasah di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang
Tahun 2013/2014? bagaimana kompetensi pedagogik guru di MTs Tholabuddin
Masin Warungasem Batang Tahun 2013/2014? bagaimana peranan kepala
madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di MTs Tholabuddin Masin
Warungasem Batang Tahun 2013/2014?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah di MTs Tholabuddin
Masin Warungasem Batang Tahun 2013/2014, mengetahui kompetensi pedagogik
guru di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang Tahun 2013/2014, dan
untuk mengetahui peranan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi
pedagogik guru di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang Tahun
2013/2014.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian yang dilaksanakan adalah jenis penelitian
lapangan. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi,
Analisis data yang digunakan adalah analisis non-statistik yaitu menggunakan
analisis deskriptif kualitatif, data yang diperoleh (berupa kata-kata, gambar, dan
perilaku) tidak dituang dalam bentuk bilangan atau angka. Peneliti segera
melakukan analisis data dengan memberi pemaparan mengenai situasi yang
diteliti dalam bentuk uraian naratif.
Kepemimpinan kepala madrasah di MTs Tholabuddin menggunakan pola
kepemimpinan demokratis dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru.
Walaupun guru merupakan seseorang yang berhubungan langsung dalam
pengelolaan pembelajaran peserta didik, namun upaya dari peran kepala madrasah
juga sangat menentukan dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru, karena
kepala madrasah memegang peran sentral dalam organisasi sekolah. Dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru, kepala madrasah melaksanakan
perannya yaitu: sebagai edukator (pendidik), manajer, administrator, supervisor,
leader (pemimpin), pencipta iklim kerja, dan wirausahawan.
15SK1521188.00 | SK PAI 15.188 EKA p | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain