SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Kurikulum Integral di PAUD Ya Bunayya Batang
Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan ruhani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, non formal dan informal. Salah satu kurikulum yang dimiliki oleh PAUD adalah kurikulum integral, yakni sebuah struktur kurikulum yang terdiri dari tiga komponen pendidikan yang sekaligus menjadi karakteristik khas, yakni aspek agama, ilmu umum, dan ilmu keterampilan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana desain kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Batang ? Bagaimana penerapan kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Batang ? Apa faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Batang?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui desain kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Batang, untuk mengetahui penerapan kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Batang, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Batang. Kegunaan penelitian diharapkan dapat dijadikan pertimbangan dan pedoman dalam penerapan kurikulum integral dalam pembelajaran di PAUD Yaa Bunayya Batang.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis peneliti menggunakan teknik kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Konsep kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Batang yakni memiliki 10 (sepuluh) kegiatan kurikulum integral antara lain: MOS Siswa, Eksplorasi Air, Ramadhan Ceria dan Buka Bersama, Jambore Anak Sholeh, Out door activity, Manasik haji, Bakti Sosial, Out bond Rekreasi, Makan Sehat dan PHBI. Kedua, Penerapan kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Batang tidak mengalami kendala dan dapat dilakukan atau diikuti dengan baik, hal ini dapat dilihat dari perencanaan kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Batang yang terdiri dari Satuan Kegiatan Harian (SKH) dan Satuan Kegiatan Minggu (SKM), menyusun kriteria ketuntasan minimal (KKM). Ketiga, Faktor yang mempengaruhi penerapan kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Batang ada 2 (dua) macam yakni faktor internal (dari dalam siswa) antara lain: siswa yang malas dan lebih memilih untuk bercanda dengan teman-temannya, tingkat kecerdasan dan pemahaman anak yang berbeda-beda serta adanya sikap malu dan rasa enggan dari anak. Sedangkan faktor eksternal (dari luar siswa) antara lain: watak atau tabiat dan kepribadian guru yang berbeda-beda,
kurangnya komunikasi dan kerjasama antara guru dan wali siswa, sarana dan prasarana yang memadai untuk belajar di PAUD Yaa Bunayya Batang, dan kurangnya dana kegiatan.
15SK1521189.00 | SK PAI 15.189 EVA p | DIGITAL | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain