SKRIPSI PAI
Pengaruh Implementasi Metode Inkuiry Terhadap Keberhasilan Belajar Mata Pelajaran AL-Qur an Hadis Siswa Kelas VIII MTs Al-Muawanah Kendaldoyong Petarukan
Metode pengajaran merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam prose belajar mengajar, metode pengajaran juga mempunyai pengaruh yang sangat erat dalam rangka keberhasilan belajar, sehingga tanpa adanya metode maka akan kesulitan dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuannya.dengan metode yang tepat diharapkan proses belajar mengajar akan lebih diserap oleh peserta didiknya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Metode Inkuiry terhadap Keberhasilan Belajar Mata Pelajaran Alquran Hadis Siswa Kelas VIII MTs Al-Mu’awanah Kendaldoyong Petarukan.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus di MTs Al-Mu’awanah, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII MTs Al-Mu’awanah Kendaldoyong Petarukan sebanyak 226 siswa, sedangkan sampel penelitiannya adalah 25% dari jumlah seluruh populasi yaitu 57 siswa, dengan menggunakan teknik random sampling, Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan pembuktian analisis regresi.
Setelah penelitian ini dianalisis maka dapat diketahui hasilnya sebagai berikut: penerapan metode Inkuiry dengan indikator Penataan lingkunagan belajar, Merumuskan problema, merancang eksperimen, melaksanakan eksperimen, mengumpulkan data, menganalisis data dan membuat kesimpulan adalah nilai tetinggi 93 terendah 70. Data nilai akhir mata pelajaran menujukkan Keberhasilan Belajar Mata Pelajaran Alquran Hadis Siswa Kelas VIII MTs Al-Mu’awanah Kendaldoyong Petarukan, diperoleh nilai tertinggi 95 dan terendah 78
Diketahui bahwa taraf signifikan 5% nilai “t” adalah 2,021 dan pada taraf signifikan 1% adalah 2,704. Pada tingkat signifikan 1 % Maka ttes = 3,27 > ttabel = 2,704, sehigga Ho ditolak, Ha diterima. Maka disimpulakan variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Pada tingakt signifikan 5 % maka ttes = 3,27 > ttabel = 2,021, sehigga Ho ditolak, Ha diterima. Maka disimpulakan variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen.
Dari hasil penelitian diketahui rata-rata dari data hasil Keberhasilan Belajar Mata Pelajaran Alquran Hadis Siswa Kelas VIII MTs Al-Mu’awanah Kendaldoyong Petarukan adalah 87,33 dan data hasil penelitian metode Inkuiry adalah 85,56 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan diantara keduanya karena dalam konversi nilai Lembaga Pendidikan Tingkat Madrasah Tsanawiyah adalah keduanya sama-sama termasuk kategori baik.
15SK1521190.00 | SK PAI 15.190 CHU p | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain