SKRIPSI PAI
Peran Dosen Wali dalam Mengoptimalkan Keberhasilan Belajar Mahasiswa Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan
Dosen wali merupakan salah satu komponen penting dalam mencapai keberhasilan belajar. Perannya sangat penting dalam membimbing dan mengantarkan mahasiswa menjadi yang terbaik. Namun konsep mahasiswa mengenai tugas dan peran dosen wali masih belum jelas. Hal ini terbukti dengan masih adanya mahasiswa yang belum mempunyai kesadaran untuk memanfaatkan peranan seorang dosen wali.
Permasalahan dalam skripsi ini meliputi: bagaimana tugas dosen wali dalam mengoptimalkan keberhasilan belajar mahasiswa jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan? Bagaimana pelaksanaan pembimbingan akademik yang dilakukan dosen wali selama ini dalam mengoptimalkan keberhasilan belajar mahasiswa jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan? Dan bagaimana peran dosen wali dalam mengoptimalkan keberhasilan belajar mahasiswa jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pandangan mahasiswa tentang tugas dosen wali, pelaksanaan pembimbingan dan peran dosen wali dalam mengoptimalkan keberhasilan belajar mahasiswa jurusan Tarbiyah di STAIN Pekalongan. Kegunaan penelitian ini secara teoritis untuk memberikan sumbangan pemikiran bagi mahasiswa dan dosen wali terkait dengan peran dosen wali dalam mengoptimalkan keberhasilan belajar mahasiswa. Sedangkan secara praktis untuk merencanakan perbaikan dan penyempurnaan dalam melakukan bimbingan dosen wali, berupa pola dalam melakukan kepenasehatan akademik dalam mengoptimalkan keberhasilan belajar mahasiswanya.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer (dosen wali yang mengampu atau membimbing mahasiswa jurusan Tarbiyah prodi PAI angkatan 2010 di STAIN Pekalongan) dan sumber data sekunder (pengelola jurusan Tarbiyah, beberapa mahasiswa jurusan Tarbiyah prodi PAI angkatan 2010 di STAIN Pekalongan). Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data digunakan teknik analisis interaktif menurut Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tugas dosen wali adalah membimbing dan mengantarkan mahasiswa menjadi yang terbaik. Namun dalam hal ini yang dituntut aktif adalah mahasiswanya dan dosen hanya sekedar memfasilitasi mahasiswa. Pelaksanaan pembimbingan akademik yang dilakukan dosen wali selama ini belum berjalan baik dikarenakan banyaknya faktor yang menjadi penghambat sehingga pembimbingan belum berjalan maksimal. Peran dosen wali sangat penting dalam membimbing dan mengantarkan mahasiswa menjadi yang terbaik yaitu sebagai konselor, fasilitator, motivator dan evaluator. Jadi kesimpulannya adalah peran dosen wali dalam mengoptimalkan keberhasilan belajar mahasiswa akan maksimal jika tugas dan pelaksanaan pembimbingan akademik berjalan sesuai prosedur yang ditentukan dan mengacu di dalam buku panduan STAIN Pekalongan. Namun hal tersebut tergantung dari masing-masing dosen wali dan mahasiswanya, dalam artian bahwa peran dosen akan terlaksana manakala mahasiswa memfungsikan tugasnya.
15SK1521197.00 | SK PAI 15.197 MAU p | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain