SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Program PDBAI ( Pengembangan Diri Bidang Agama Islam) di SD Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan
Program pengembangan diri merupakan salah satu upaya sekolah untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa baik bakat, minat maupun kecerdasan yang dimiliki pada setiap individu anak didik. Program pengembangan diri juga merupakan salah satu kegiatan tambahan di luar jam sekolah yang berguna untuk menggali bakat dan minat siswa dalam bidang-bidang tertentu.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program PDBAI (Pengembangan Diri Bidang Agama Islam) di SD Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan? faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program PDBAI (Pengembangan Diri Bidang Agama Islam) di SD Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program PDBAI di SD Muhammadiyah Kajen, untuk mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program PDBAI di SD Muhammadiyah Kajen. Kegunaan penelitian sebagai acuan perbaikan dan menyempurnakan pelaksanaan program PDBAI di SD Muhammadiyah Kajen.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan PDBAI khususnya di SD Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan terbagi menjadi tiga (3) yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan program PDBAI (Pengembangan Diri Bidang Agama Islam) di SD Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan sudah tersusun dengan baik karena sudah didokumentasikan menjadi jadwal kegiatan program PDBAI (Pengembangan Diri Bidang Agama Islam) di SD Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan. Pelaksanaan pembelajaran PDBAI di SD Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan juga didukung adanya peran serta wali murid yang berupa motivasi baik berupa materi maupun immateri. Yang berupa materi misalnya adanya iuran dari orang tua murid untuk latihan kurban dan membantu memberi fasilitas untuk praktek ibadah seperti salat, adapun yang berupa immateri seperti memberikan motivasi atau dorongan kepada peserta didik untuk mengikuti pembelajaran PDBAI. Evaluasi terhadap program PDBAI (Pengembangan Diri Bidang Agama Islam) yang ada di SD Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan memfokuskan 2 aspek yaitu aspek penguasaan konsep dan penerapan. Kedua, Faktor yang mendukung program PDBAI (Pengembangan Diri Bidang Agama Islam) di SD Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan: dukungan dari komite dan orang tua siswa, komitmen yang tinggi dari kepala sekolah, lingkungan sekolah yang mendukung. Fak tor yang menghambat: Minimnya
waktu sekolah, kurangnya tenaga pengajar dari berbagai bidang keilmuan, kemalasan siswa, serta kurangnya sarana dan prasarana
15SK1521201.00 | SK PAI 15.201 ROP p | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain