SKRIPSI PAI
Penerapan Card Sort Methode Dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Quran di TPQ Syafaatul Muttaqien Kranji Kedungwuni
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan maka, penyelenggaraan
pendidikan harus mampu meningkatkan mutunya. Mutu pendidikan dapat
ditunjang dari berbagai aspek, salah satunya adalah metode pembelajaran. Metode
pembelajaran melalui aktivitas pembelajaran secara aktif adalah card sort
methode. Metode pembelajaran ini merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa
digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik klasifikasi, fakta tentang
objek atau mereviu informasi. Prinsip dari metode ini siswa dengan aktif mencari
pasangan yang ia dapatkan dengan mencari kartu pasangannya tersebut pada kartu
yang dibuat berserakan. Setelah mendapatkan pasangannya maka siswa
mempresentasikan alasannya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan
pembelajaran membaca dan menulis Alquran di TPQ Syafa’atul Muttaqien Kranji
Kedungwuni? dan bagaimana penerapan card sort methode dalam pembelajaran
membaca dan menulis Alquran di TPQ Syafa’atul Muttaqien Kranji
Kedungwuni?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis Alquran di TPQ
Syafa’atul Muttaqien Kranji Kedungwuni dan menganalisis bagaimana penerapan
card sort methode dalam pembelajaran membaca dan menulis Alquran di TPQ
Syafa’atul Muttaqien Kranji Kedungwuni.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus dengan pendekatan
kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan
teknik analisis data deskriptif dengan memakai proses berpikir secara induktif.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tampak perbedaan antara penerapan
model pembelajaran konvensional dengan card sort. Tampak adanya perubahanperubahan
yang signifikan baik dari aspek keaktifan, kooperatif maupun
perubahan-perubahan tingkah laku. Hasil tes mengalami kenaikan dimana siswa
yang tadinya sulit menerima materi yang diterangkan setelah menggunakan card
sort siswa menjadi mudah menerima materi yang diterangkan sehingga
kemampuan membaca dan menulis Alquran mengalami peningkatan. Suasana
kelas semakin bertambah semarak dan hidup.
15SK1521203.00 | SK PAI 15.203 KHA p | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain