SKRIPSI PAI
Pengaruh Kepedulian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak di Rumah (Studi Kasus Siswa SDN Kaibahan 02 Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan)
Salah satu perana orang tua terhadap keberhasilan pendidikan anaknya adalah dengan memberikan kepedulian, terutama kepedulian pada kegiatan belajar mereka dirumah. kepedulian orang tua memiliki pengaruh psikologis yang besar terhadap kegiatan belajar anak. Dengan adanya kepedulian dari orang tua, anak akan lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar karena anak tahu bahwa bukan dirinya sendiri saja yang berkeinginan untuk maju, akan tetapi orang tuanyapun demikian. Sebab baik buruknya prestasi yang dicapai anak akan memberi pengaruh kepadanya dalam perkembangan pendidikan selanjutnya.
Rumusan masalah yang diajukan adalah, bagaimana kepedulian orang tua terhadap anak (studi kasus siswa SDN kaibahan 02 kecamatan kesesi kabupaten pekalongan), bagaimana motivasi belajar anak (studi kasus siswa SDN kaibahan 02 kecamatan kesesi kabupaten pekalongan), dan bagaimana pengaruh kepedulian orang tua terhadap motivasi belajar anak di rumah (studi kasus siswa SDN kaibahan 02 kecamatan kesesi kabupaten pekalongan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepedulian orang tua terhadap anak di desa kaibahan kecamatan kesesi kabupaten pekalongan, untuk mengetahui motivasi belajar anak di rumah , dan untuk mengetahui pengaruh kepedulian orang tua terhadap motivasi belajar anak di rumah (studi kasus siswa SDN kaibahan 02 kecamatan kesesi kabupaten pekalongan). Serta kegunaan penelitian untuk memberi konstribusi peningkatanmotivasibelajaranak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif danjenispenelitianmenggunakan lapangan (field research). Sedangkan sampelnya adalah 30 responden yang diambil 20% dari 150 populasi, dengan menggunakan teknik random sampling, adapun metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa kepedulian orang tua di desa kaibahan dalam kategori baik, hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata sebesar 60, berada pada interval (65-60). Motivasibelajaranak di rumahtermasukdalamkategoricukup, hal iniditunjukandengannilai rata-rata sebesar 58, beradapada interval (61–58). Setelahdianalisisdenganmenggunakan rumusregresi linear sederhana, diperolehnilai t testsebesar2,93. Nilai t tabelpadatarafsignifikan 5% sebesar 2,048, sehingga2,93>2,048. Adapunjugataraf signifikan1% nilai t tabelsebesar2,763 ,sehingga2,93>2,763.
Karena t test> t table, maka baik pada taraf nyata 5% maupun 1% dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya koefisien regresinya adalah signifikan, dengan kata lain variabel bebas (kepedulian orangtua) berpengaruh terhadap variabel terikat (motivasibelajaranak
Salah satu perana orang tua terhadap keberhasilan pendidikan anaknya adalah dengan memberikan kepedulian, terutama kepedulian pada kegiatan belajar mereka dirumah. kepedulian orang tua memiliki pengaruh psikologis yang besar terhadap kegiatan belajar anak. Dengan adanya kepedulian dari orang tua, anak akan lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar karena anak tahu bahwa bukan dirinya sendiri saja yang berkeinginan untuk maju, akan tetapi orang tuanyapun demikian. Sebab baik buruknya prestasi yang dicapai anak akan memberi pengaruh kepadanya dalam perkembangan pendidikan selanjutnya.
Rumusan masalah yang diajukan adalah, bagaimana kepedulian orang tua terhadap anak (studi kasus siswa SDN kaibahan 02 kecamatan kesesi kabupaten pekalongan), bagaimana motivasi belajar anak (studi kasus siswa SDN kaibahan 02 kecamatan kesesi kabupaten pekalongan), dan bagaimana pengaruh kepedulian orang tua terhadap motivasi belajar anak di rumah (studi kasus siswa SDN kaibahan 02 kecamatan kesesi kabupaten pekalongan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepedulian orang tua terhadap anak di desa kaibahan kecamatan kesesi kabupaten pekalongan, untuk mengetahui motivasi belajar anak di rumah , dan untuk mengetahui pengaruh kepedulian orang tua terhadap motivasi belajar anak di rumah (studi kasus siswa SDN kaibahan 02 kecamatan kesesi kabupaten pekalongan). Serta kegunaan penelitian untuk memberi konstribusi peningkatanmotivasibelajaranak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif danjenispenelitianmenggunakan lapangan (field research). Sedangkan sampelnya adalah 30 responden yang diambil 20% dari 150 populasi, dengan menggunakan teknik random sampling, adapun metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa kepedulian orang tua di desa kaibahan dalam kategori baik, hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata sebesar 60, berada pada interval (65-60). Motivasibelajaranak di rumahtermasukdalamkategoricukup, hal iniditunjukandengannilai rata-rata sebesar 58, beradapada interval (61–58). Setelahdianalisisdenganmenggunakan rumusregresi linear sederhana, diperolehnilai t testsebesar2,93. Nilai t tabelpadatarafsignifikan 5% sebesar 2,048, sehingga2,93>2,048. Adapunjugataraf signifikan1% nilai t tabelsebesar2,763 ,sehingga2,93>2,763.
Karena t test> t table, maka baik pada taraf nyata 5% maupun 1% dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya koefisien regresinya adalah signifikan, dengan kata lain variabel bebas (kepedulian orangtua) berpengaruh terhadap variabel terikat (motivasibelajaranak
Salah satu perana orang tua terhadap keberhasilan pendidikan anaknya adalah dengan memberikan kepedulian, terutama kepedulian pada kegiatan belajar mereka dirumah. kepedulian orang tua memiliki pengaruh psikologis yang besar terhadap kegiatan belajar anak. Dengan adanya kepedulian dari orang tua, anak akan lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar karena anak tahu bahwa bukan dirinya sendiri saja yang berkeinginan untuk maju, akan tetapi orang tuanyapun demikian. Sebab baik buruknya prestasi yang dicapai anak akan memberi pengaruh kepadanya dalam perkembangan pendidikan selanjutnya.
Rumusan masalah yang diajukan adalah, bagaimana kepedulian orang tua terhadap anak (studi kasus siswa SDN kaibahan 02 kecamatan kesesi kabupaten pekalongan), bagaimana motivasi belajar anak (studi kasus siswa SDN kaibahan 02 kecamatan kesesi kabupaten pekalongan), dan bagaimana pengaruh kepedulian orang tua terhadap motivasi belajar anak di rumah (studi kasus siswa SDN kaibahan 02 kecamatan kesesi kabupaten pekalongan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepedulian orang tua terhadap anak di desa kaibahan kecamatan kesesi kabupaten pekalongan, untuk mengetahui motivasi belajar anak di rumah , dan untuk mengetahui pengaruh kepedulian orang tua terhadap motivasi belajar anak di rumah (studi kasus siswa SDN kaibahan 02 kecamatan kesesi kabupaten pekalongan). Serta kegunaan penelitian untuk memberi konstribusi peningkatanmotivasibelajaranak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif danjenispenelitianmenggunakan lapangan (field research). Sedangkan sampelnya adalah 30 responden yang diambil 20% dari 150 populasi, dengan menggunakan teknik random sampling, adapun metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa kepedulian orang tua di desa kaibahan dalam kategori baik, hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata sebesar 60, berada pada interval (65-60). Motivasibelajaranak di rumahtermasukdalamkategoricukup, hal iniditunjukandengannilai rata-rata sebesar 58, beradapada interval (61–58). Setelahdianalisisdenganmenggunakan rumusregresi linear sederhana, diperolehnilai t testsebesar2,93. Nilai t tabelpadatarafsignifikan 5% sebesar 2,048, sehingga2,93>2,048. Adapunjugataraf signifikan1% nilai t tabelsebesar2,763 ,sehingga2,93>2,763.
Karena t test> t table, maka baik pada taraf nyata 5% maupun 1% dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya koefisien regresinya adalah signifikan, dengan kata lain variabel bebas (kepedulian orangtua) berpengaruh terhadap variabel terikat (motivasibelajaranak
Salah satu perana orang tua terhadap keberhasilan pendidikan anaknya adalah dengan memberikan kepedulian, terutama kepedulian pada kegiatan belajar mereka dirumah. kepedulian orang tua memiliki pengaruh psikologis yang besar terhadap kegiatan belajar anak. Dengan adanya kepedulian dari orang tua, anak akan lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar karena anak tahu bahwa bukan dirinya sendiri saja yang berkeinginan untuk maju, akan tetapi orang tuanyapun demikian. Sebab baik buruknya prestasi yang dicapai anak akan memberi pengaruh kepadanya dalam perkembangan pendidikan selanjutnya.
Rumusan masalah yang diajukan adalah, bagaimana kepedulian orang tua terhadap anak (studi kasus siswa SDN kaibahan 02 kecamatan kesesi kabupaten pekalongan), bagaimana motivasi belajar anak (studi kasus siswa SDN kaibahan 02 kecamatan kesesi kabupaten pekalongan), dan bagaimana pengaruh kepedulian orang tua terhadap motivasi belajar anak di rumah (studi kasus siswa SDN kaibahan 02 kecamatan kesesi kabupaten pekalongan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepedulian orang tua terhadap anak di desa kaibahan kecamatan kesesi kabupaten pekalongan, untuk mengetahui motivasi belajar anak di rumah , dan untuk mengetahui pengaruh kepedulian orang tua terhadap motivasi belajar anak di rumah (studi kasus siswa SDN kaibahan 02 kecamatan kesesi kabupaten pekalongan). Serta kegunaan penelitian untuk memberi konstribusi peningkatanmotivasibelajaranak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif danjenispenelitianmenggunakan lapangan (field research). Sedangkan sampelnya adalah 30 responden yang diambil 20% dari 150 populasi, dengan menggunakan teknik random sampling, adapun metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa kepedulian orang tua di desa kaibahan dalam kategori baik, hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata sebesar 60, berada pada interval (65-60). Motivasibelajaranak di rumahtermasukdalamkategoricukup, hal iniditunjukandengannilai rata-rata sebesar 58, beradapada interval (61–58). Setelahdianalisisdenganmenggunakan rumusregresi linear sederhana, diperolehnilai t testsebesar2,93. Nilai t tabelpadatarafsignifikan 5% sebesar 2,048, sehingga2,93>2,048. Adapunjugataraf signifikan1% nilai t tabelsebesar2,763 ,sehingga2,93>2,763.
Karena t test> t table, maka baik pada taraf nyata 5% maupun 1% dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya koefisien regresinya adalah signifikan, dengan kata lain variabel bebas (kepedulian orangtua) berpengaruh terhadap variabel terikat (motivasibelajaranak
15SK1521114.00 | SK PAI 15.114 MAU p | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain