SKRIPSI PAI
Korelasi Pelaksanaan Program Kelas Unggulan Dengan Hasil Ujian Nasional Siswa di SMP Muhammadiyah Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014
ABSTRAK
Sekolah biasa mengklasifikasikan siswa ke dalam suatu ruangan belajar yang berbeda-beda dengan harapan agar proses instruksional yang terjadi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan pendidikan dan pengajaran yang telah ditetapkan, serta mengarah pada pencapaian cita-cita. Salah satu layanan yang dapat diberikan kepada siswa berbakat atau unggul adalah dalam bentuk penyelenggaraan program kelas unggulan. Program kelas unggulan dirancang untuk memberikan pelayanan belajar yang memadai bagi siswa yang benar-benar mempunyai kemampuan di atas rata-rata. Sehingga siswa berbakat atau unggul diberi peluang untuk mengembangkan potensinya.
Permasalahan penelitian ini adalah 1). Bagaimana pelaksanaan program kelas unggulan di SMP Muhammadiyah Pekalongan. 2). Bagaimana hasil ujian nasional siswa di SMP Muhammadiyah Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014. 3). Bagaimana korelasi pelaksanaan program kelas unggulan dengan hasil ujian nasional siswa di SMP Muhammadiyah Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui pelaksanaan program kelas unggulan di SMP Muhammadiyah Pekalongan. 2). Untuk mengetahui hasil ujian nasional siswa di SMP Muhammadiyah Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014. 3). Untuk mengetahui korelasi pelaksanaan program kelas unggulan dengan hasil ujian nasional siswa di SMP Muhammadiyah Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014. Kegunaan penelitian ini untuk menambah menambah dan memperkaya serta mendalami khasanah keilmuan dalam dunia pendidikan tentang pelaksanaan program kelas unggulan dan kaitannya dengan hasil ujian nasional viii asiswa dan selanjutnya sebagai bahan pengembangan dan masukan bagi dewan guru maupun bagi penentu kebijakan dalam pendidikan khususnya di SMP Muhammadiyah Pekalongan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif karena analisis datanya disajikan dalam bentuk deskripsi dengan menggunakan angka-angka statistik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas unggulan (9a) SMP Muhammadiyah Pekalongan yang berjumlah 29 orang. Apabila subjeknya kurang dari 100 lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi.Variabel penelitian ini ada dua, yaitu pelaksanaan program kelas unggulan sebagai variabel bebas dan hasil ujian nasional siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata yang didapat dari angket tentang pelaksanaan program kelas unggulan siswa SMP Muhammadiyah Pekalongan sebesar 3,128 termasuk ke dalam kategori baik karena terletak pada interval 3,095-3,20. Data yang menggambarkan tentang hasil ujian nasional siswa tahun ajaran 2013/2014 siswa SMP Muhammadiyah Pekalongan menghasilkan nilai rata-rata sebesar 5,89. Ini menunjukkan bahwa hasil ujian nasional siswa SMP Muhammadiyah termasuk ke dalam kategori kurang karena nilai tersebut terletak pada interval 5,19-5,97. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi product moment membuktikan bahwa pada tingkat kesalahan 5% terdapat korelasi positif yang lemah antara pelaksanaan program kelas unggulan dengan hasil ujian nasional siswa SMP Muhammadiyah Pekalongan tahun ajaran 2013/2014, sedangkan pada tingkat kesalahan 1% tidak terdapat korelasi positif yang signifikan antara pelaksanaan program kelas unggulan dengan hasil ujian nasional siswa SMP Muhammadiyah Pekalongan tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dibuktikan pada tingkat kesalahan 5% dengan nilai Rxy sebesar 0,385 ≥ rt sebesar 0,367 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, dan pada tingkat kesalahan 1%, nilai Rxy (0,385) < rt (0,487) sehingga Ha ditolak dan H0 diterima. Dengan demikian, hipotesis yang peneliti ajukan diterima
15SK1521175.00 | SK PAI 15.175 LUT k | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain